Jayapura (ANTARA) -
Sebanyak 1.819 keluarga di Tanah Papua telah menikmati sambungan listrik gratis dari PT PLN (Persero) Unit Induk wilayah Papua dan Papua Barat sejak 2022 hingga 2023.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono di Jayapura, Senin, mengatakan di mana sambungan gratis ini melalui program Light Up The Dream yang mana berasal dari donasi pegawai PLN yang menyisihkan sebagian penghasilannya untuk memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu.
 
"Ini menjadi wujud inisiasi kepedulian para pegawai sebagai tanggung jawab sosial individu terhadap lingkungan sekitar," katanya.
 
Menurut Budiono, niat mulia yang sederhana, bantuan kecil namun bisa berdampak besar bagi penerima yang merasakan manfaatnya.
 
"Kami berkomitmen agar program tersebut terus berkelanjutan dan bisa mempercepat rasio elektrifikasi dan rasio desa berlistrik di wilayah timur khususnya di tanah Papua bagi masyarakat kurang mampu agar dapat menikmati listrik secara gratis,” ujarnya.

Baca juga: PLN dan PNG Power kerja sama pasok listrik di perbatasan Papua Nugini
 
Dia menjelaskan program ini selaras dengan komitmen pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat tanpa terkecuali, khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar.
"Pemberian sambungan listrik gratis ini sebagai momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia," katanya lagi.
 
Sementara itu, salah satu warga penerima manfaat yang tinggal di Kelurahan Koya Timur, Kota Jayapura, Papua Yunita Matinahoro mengatakan pihaknya memberikan apresiasi dan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh PLN.
 
"Kami selama lima tahun terakhir menyambung listrik pada tetangga, namun kini telah memiliki listrik sendiri berkat adanya bantuan Light Up The Dream," katanya.
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023