Jakarta (ANTARA) - Pembalap AlphaTauri Daniel Ricciardo mengatakan kesiapan fisik menjadi salah satu kunci utama untuk menghadapi Grand Prix Belanda yang akan digelar di Sirkuit Zandvoort, Belanda, pada 25-27 Agustus.

Ricciardo mengatakan cukup optimistis bisa memberikan penampilan yang lebih baik dari putaran terakhir yang telah ia lakoni sebagai pembalap pengganti Nick de Vries untuk AlphaTauri.

Persiapan yang ia lakukan di jeda musim panas Formula 1 itu meliputi olahraga indoor di gym yang ia sebut dapat meningkatkan kebugaran fisik dan mental.

"Saya pikir jika saya bugar secara fisik, maka cara saya berpikir secara mental, dan segalanya akan terasa lebih mudah menjelang akhir pekan, dan ada (lebih sedikit) pertanyaan yang harus dijawab," kata Ricciardo dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu.

Saat diminta untuk mengevaluasi performanya bersama AlphaTauri, pembalap ketiga Red Bull itu menilai dirinya masih harus beradaptasi dengan mobil yang ia kendarai. Namun, Ricciardo mengaku sangat senang bisa kembali ke balik kemudi yang ia nilai menjadi salah satu pengalaman baru dan menyenangkan.

Baca juga: Ricciardo senang kembali balapan di F1 meski tidak menang

"Saya masih merasa senang walaupun memulai dan finis di urutan ke-13 (pada GP Hungaria)," ucap Ricciardo.

Pembalap asal Australia itu mengatakan akan terus berusaha menjalin kerja sama yang lebih baik dengan tim sebagai upaya untuk mempelajari dan mengenal mobil dengan lebih optimal.

"Saya pikir itu akan bisa terjadi saat saya yang memiliki lebih banyak waktu di dalam mobil dan bekerja dengan para insinyur dan teknisi. Bukan berarti langsung meraih kemenangan, tapi sekadar untuk terus belajar dan merasa nyaman dulu," ungkap Ricciardo.

"Saya memperkirakan masih ada beberapa tantangan yang mungkin akan terjadi di sepanjang musim, namun yang paling penting sekarang adalah perasaan yang lebih familiar (di balik kemudi). Saya ingin merasakan hal penting itu," imbuhnya.

Baca juga: Aston Martin ingin rebut kembali podium di paruh kedua F1 2023
Baca juga: Mercedes segera alihkan fokus untuk target juara di F1 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023