setiap hari kita terus keliling mengirim air bersih ke wilayah perkampungan
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendistribusikan bantuan sebanyak 75.000 liter air bersih ke sejumlah wilayah selama periode musim kemarau tahun ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Bekasi Dodi Supriadi mengatakan bantuan air bersih sejauh ini telah disalurkan ke sejumlah desa di enam kecamatan terdampak kekeringan antara lain Kecamatan Bojongmangu, Cibarusah, Babelan, Serang Baru, Tarumajaya, serta Sukawangi.

"Sampai hari kemarin jumlah bantuan distribusi air yang sudah kami lakukan yaitu sebanyak 15 mobil tangki atau kurang lebih 75 ribu liter, ke beberapa desa di enam kecamatan itu," katanya di Cikarang, Rabu.

Pihaknya meminta warga terdampak kekeringan untuk aktif berkoordinasi dengan aparatur desa setempat yang kemudian dilanjutkan dengan permohonan pengajuan pengiriman air bersih kepada pemerintah daerah.

"Sebelumnya mereka mengirim surat ke kami, memohon bantuan dan kemudian akan kami buatkan jadwal untuk pengiriman air bersih," katanya.

Baca juga: BPBD Bekasi salurkan air bersih ke 1.050 keluarga terdampak kekeringan
Baca juga: BPBD Bekasi distribusikan air bersih kepada warga terdampak kekeringan


BPBD Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Dinas Pemadam Kebakaran, serta PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi dalam hal proses pengiriman hingga suplai air bersih untuk warga.

"Setiap hari kita terus keliling mengirim air bersih ke wilayah perkampungan penduduk yang membutuhkan bantuan, terutama di wilayah yang sudah mengajukan permohonan bantuan," ucap dia.

BPBD Kabupaten Bekasi juga sudah menyiagakan sebanyak lima unit armada truk tangki untuk mengirimkan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

"Belakangan ini kami sudah mulai rutin kirim bantuan setiap hari. Kami minta bantuan ke PMI dan Disdamkar apabila armada kurang, begitu pula ke kantor cabang PDAM terdekat terkait suplai air bersih," katanya.

Baca juga: Warga Kertajaya Bekasi nikmati fasilitas air bersih program TNI
Baca juga: Kabupaten Bekasi manfaatkan hujan jadi air baku PDAM
Baca juga: 27.997 KK di Jabar kekurangan air bersih akibat kemarau


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023