memberikan dampak di dunia khususnya kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi berskala internasional
Palembang (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan menjalin kerja sama dengan Y-EPIC Korea Selatan untuk memperkuat kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi skala internasional.

"Perjanjian kerja sama tersebut telah ditandatangani Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Palembang Dur Brutu bersama Direktur of Y-EPIC Republik Korea Woo Chul Lee di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Palembang, pada 22 Agustus 2023," kata Rektor UIN Raden Fatah Prof Nyayu Khodijah di Palembang, Rabu.

Menurut dia, penandatangan MoU skala internasional itu bukti komitmen UIN Raden Fatah meningkatkan akreditasi internasional perguruan tinggi.

"Penandatangan kerja sama ini bentuk upaya UIN Raden Fatah mengambil peran yang memberikan dampak di dunia khususnya kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi berskala internasional," ujarnya.

Baca juga: UIN Palembang kirim kontingen ke PKM-III PTKIN se-Sumatera di Jambi
Baca juga: Prof Nyayu Khadijah jadi rektor perempuan pertama di UIN Palembang


Dia menjelaskan, kerja sama berskala internasional bukan baru pertama kali dilaksanakan, sebelumnya UIN Raden Fatah Palembang juga melakukan kerja sama di berbagai perguruan tinggi internasional seperti di Washington DC dan New York, Amerika Serikat.

Kerja sama dengan Y-EPIC Korea Selatan itu membuka peluang antar kedua perguruan tinggi untuk melakukan pertukaran mahasiswa skala internasional dan menjadi awal terbukanya pintu kerja sama yang cakupannya lebih luas.

Implementasi kerja sama meliputi pertukaran mahasiswa baik praktik pengalaman lapangan (PPL) dan kuliah kerja nyata (KKN) internasional bagi mahasiswa maupun dosen UIN Raden Fatah Palembang.

Dapat diimplementasikan dan diharapkan juga sebagai pengembangan profesionalisme serta peningkatan mutu pendidikan.

Dengan terjalinnya kerja sama skala internasional peluang UIN Raden Fatah menuju universitas kelas dunia (world class university) terbuka, ujar Rektor Nyayu Khodijah.

Baca juga: UIN Jambi perluas jaringan kerja sama dengan UNIMAS dan UITM Malaysia
Baca juga: UIN Makassar-OUM Malaysia kerja sama tridharma perguruan tinggi
Baca juga: UIN Antasari jalin kerjasama dengan pusat penelitian Arab Saudi

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023