Untuk di Kota Sukabumi jumlah pohon yang ditanam empat ribu batang yang dilakukan secara bertahap hingga Oktober 2023.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Forum Komunitas Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten dan Kota Sukabumi, Jawa Barat bersama unsur kepolisian menggelar aksi tanam pohon yang serentak dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia pada Rabu (23/8).
 
Penanaman pohon serentak se-Indonesia yang berpusat di Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini merupakan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk menghijaukan Indonesia.

"Untuk di Sukabumi sendiri kami menanam pohon 4 ribu batang yang dilakukan secara simbolis di Lapang Batalyon Pangrango Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi," kata Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo di Sukabumi, Kamis.
 
Menurut Dedi, kegiatan ini bertema Polri lestarikan negeri dengan penghijauan sejak dini. Tujuan dari, penanaman pohon tersebut juga untuk mencegah atau mengantisipasi polusi udara.
 
Maka dari itu Polri bersama TNI dan menggandeng pemerintah dari tingkat daerah hingga pusat serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon secara serentak pada Rabu ini, di mana kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit dari Pulau Inca, NTT.
 
Untuk di Kota Sukabumi jumlah pohon yang ditanam empat ribu batang yang dilakukan secara bertahap hingga Oktober 2023.
 
Diharapkan aksi seperti ini juga bisa dilaksanakan oleh berbagai elemen masyarakat sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya polusi udara. Pada kegiatan ini juga turut hadir Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo.
 
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan pihaknya tentu sangat mendukung upaya Polri tersebut dengan tujuan utama melestarikan lingkungan dan mencegah pencemaran udara.
 
Keberadaan pohon merupakan komponen yang penting untuk menjaga udara dari polusi. Maka dari itu, pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan hal yang sama atau minimal menjaga dan tidak merusak pohon yang ada.
 
Hal serupa pun dilakukan di wilayah Kabupaten Sukabumi, di mana unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi melakukan penanaman ribuan benih pohon keras di sepadan pantai tepatnya di Kampung Sukaratu Desa/Kecamatan Cikakak.

Aksi penanaman pohon dipimpin oleh Wakapolres Sukabumi Kompol Septa Firmansyah yang juga dihadiri oleh berbagai unsur forkopimda dan elemen masyarakat. "Kegiatan ini pun juga dilaksanakan serentak di 39 polsek yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi," katanya.
 
Ia meminta pohon yang sudah ditanam ini juga harus dirawat agar bisa tumbuh dengan baik. Jangan sampai kegiatan ini hanya sebatas seremonial, tetapi harus melaksanakan tujuan utamanya yakni pelestarian lingkungan untuk mencegah pencemaran udara.
Baca juga: Anggota Polrestro Jaksel 'wajib' tanam bibit pohon bila naik pangkat
Baca juga: Kakorlantas galakkan tanam pohon perkuat kontur jalan hindari longsor
Baca juga: Polda Kalsel tanam 1.000 bibit pohon dukung program penghijauan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023