Semarang (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera akan menggelar rapat pimpinan nasional dan perayaan Milad Ke-15 PKS di Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai Kamis (18/4) hingga Sabtu (20/4), dengan tujuan meraih urutan ketiga pada Pemilihan Umum 2014.

"Pembukaan Rapimnas PKS akan digelar pada hari Kamis (18/4) di Gedung Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP) pukul 09.00 WIB," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah PKS Jawa Tengah Fikri Faqih di Semarang, Selasa.

Menurut dia, kegiatan Rapimnas PKS akan diikuti kurang lebih 1.600 peserta yang terdiri atas 250 orang dari dewan pengurus pusat, 21 orang dari majelis pertimbangan partai, 46 orang dari dewan syariah pusat.

Selan itu, sebanyak 99 orang dari majelis syuro, 350 perwakilan dari DPW yang masing-masing diwakili 13 orang dan 1.000 orang perwakilan dari 498 DPD PKS se-Indonesia.

Ia menjelaskan ada tiga poin dalam Milad Ke-15 PKS, yaitu pertama, rapimnas yang akan digelar merupakan konsolidasi struktur se-Indonesia untuk menetapkan strategi pemenangan Pemilu 2014.

"Kedua, gebyar milad yang berlangsung di gedung Lawang Sewu diisi dengan tampilan budaya, dan yang ketiga adalah kita mau aksi, bukan diskusi," ujarnya didampingi Sekretaris DPW PKS Jateng Ahmadi.

Ia mengatakan bahwa rombongan 250 orang dari DPP PKS akan menggunakan moda transportasi kereta api sebagai bentuk pembelajaran bersama akan pentingnya alat transportasi umum.

"Selain itu, alasan rombongan DPP PKS naik kereta api adalah ingin memiliki kesepahaman dengan masyarakat bahwa politik itu tidak seram dan menakutkan, tetapi humanis, berbudaya, dan hal itu akan disampaikan langsung oleh Presiden PKS Anis Matta," katanya.

Mengenai alasan dipilihnya Provinsi Jateng, khususnya Kota Semarang sebagai lokasi digelarnya rapimnas dan perayaan Milad Ke-15 PKS, Fikri mengungkapkan jika Jateng merupakan salah satu provinsi yang diharapkan menjadi pendulang suara terbanyak untuk PKS.

"Seperti yang disampaikan Presiden PKS Anis Matta, kita ingin membongkar mitos bahwa Jateng adalah basis merah, kita akan buktikan jika PKS Jateng bisa menjadi salah satu lumbung suara PKS secara nasional," tegasnya.

Puncak Milad Ke-15 PKS akan digelar di halaman utama Lawang Sewu, Jumat (19/4) pukul 19.00--22.00 WIB dan ditampilkan ratusan budaya khas Indonesia sebagai bentuk kecintaan PKS terhadap budaya tanah air.

Pada seluruh rangkaian Milad Ke-15 PKS, semua elemen masyarakat akan turut diundang, mulai dari budayawan, birokrat, kiai, pengusaha, hingga pengamen jalanan.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013