Moskow (ANTARA) - Para penyelidik pada Kamis (24/8)  memeriksa puing-puing sebuah jet yang disebut-sebut membawa bos tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin yang jatuh tanpa ada korban selamat.

Peristiwa ini terjadi dua bulan setelah bos Wagner Group itu memimpin pemberontakan melawan pimpinan tertinggi militer Rusia.

Berikut daftar 10 orang, termasuk tokoh senior lainnya dari kelompok tentara bayaran Wagner, yang dilaporkan oleh badan penerbangan Rusia Rosaviatsia berada di dalam jet eksekutif Embraer Legacy 600.

1. Yevgeny Prigozhin (62 tahun) terkenal setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022 ketika petempur-petempurnya, termasuk ribuan narapidana yang dibebaskan, memimpin perebutan Kota Bakhmut oleh Rusia.

Dia menuduh petinggi militer Rusia tidak kompeten dan bahkan melakukan pengkhianatan dalam melancarkan perang dan memimpin pemberontakan selama dua hari Juni lalu,.

Pemberontakan itu sendiri diredakan oleh kesepakatan yang, antara lain, mencabut dakwaan pidana kepadanya.

2. Dmitry Utkin (53 tahun) adalah tangan kanan Prigozhin  dan salah satu pendiri Wagner serta komandan militer tertinggi kelompok tersebut. Utin kerap dipanggil "Wagner".

Setelah kesepakatan mengakhiri pemberontakan itu, Utkin berkata kepada petempurnya dalam sebuah pidato, bahwa "Ini bukanlah akhir. Ini hanyalah awal dari tugas terbesar di dunia yang segera ditunaikan."

Lalu dalam bahasa Inggris, dia mengatakan, "Selamat datang di neraka!"

Dia pernah bertempur untuk Wagner di Suriah dan Ukraina, dan merupakan mantan perwira pasukan khusus dalam dinas intelijen militer Rusia, GRU. Utkin pada 2016 pernah difoto bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin.

3. Valery Chekalov (47 tahun), yang memiliki nama panggilan "Rover", adalah wakil senior Prigozhin, kata situs yang berafiliasi dengan dinas keamanan Ukraina, Myrotvorets.

Surat kabar St. Petersburg, Fontanka, yang menyelidiki kelompok Wagner selama bertahun-tahun, menulis bahwa Chekalov adalah "pakar logistik" Wagner.

Hingga 2022, Chekalov juga mengepalai lembaga konsultansi Neva, yang terkait dengan Prigozhin dan beroperasi di Suriah.

4. Sergei Propustin (44 tahun) acap dipanggil "Cedar". Dalam salah satu foto yang jarang diterbitkan, Propustin terlihat mengenakan pakaian hitam dan topi saat menemani Prigozhin dalam tur keliling Rusia setelah merebut Kota Bakhmut di Ukraina.

5. Alexander Totmin (30 tahun), termasuk di antara sedikit tentara bayaran Wagner yang penuh rahasia yang aktif di media sosial dengan foto-foto dari berbagai kota di Rusia, termasuk St. Petersburg tempat dia tinggal.

Myrotvorets mengungkapkan bahwa Totmin pernah bertugas untuk Wagner di Sudan.

6. Yevgeniy Makaryan, salah satu tokoh misterius Wagner. Foto dan akunnya tidak dapat ditemukan oleh Reuters di media sosial. Dia bergabung dengan Wagner pada 2016 dan turut bertempur di Suriah.

7. Alexei Levshin (51 tahun), pilot senior untuk pesawat yang jatuh itu. Dia bekerja sebagai pilot setidaknya selama 20 tahun.

Kerabatnya mengatakan kepada Reuters bahwa Levshin terjun ke bisnis penerbangan "kurang dari 10 tahun lalu."

Berapa lama Levshin bekerja dalam penerbangan yang berafiliasi dengan Prigozhin, tak bisa dipastikan. Kerabatnya mengatakan mengungkapkan pekerjaan adalah "hal yang tabu" bagi keluarganya.

8. Rustam Karimov (29 tahun), kopilot pesawat yang jatuh, adalah korban termuda dalam kecelakaan itu.

Ayah Karimov mengatakan kepada media Rusia bahwa anaknya itu bekerja untuk perusahaan yang menyediakan penerbangan bagi Prigozhin sejak tiga bulan lalu. Karimov sebelumnya bekerja untuk S7, sebuah maskapai penerbangan besar Rusia.

9. Kristina Raspopova, atau Yadrevskaya (39 tahun), pramugari yang bertugas di pesawat yang jatuh itu.

10. Nikolai Matuseev atau Matusevich. Tidak ada data tentang dia.


Sumber: Reuters


Baca juga: Ucapan duka cita Putin untuk Prigozhin

Baca juga: Warga ceritakan saat-saat terakhir jatuhnya pesawat Yevgeny Prigozhin


 

Warga hormati Prigozhin yang diduga tewas dalam kecelakaan pesawat

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023