Makassar (ANTARA) - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Kantor Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) siap menyalurkan bantuan pangan beras untuk periode Oktober-Desember 2023 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Sulawesi Selatan.

"Perum Bulog telah resmi mendapatkan penugasan penyaluran bantuan pangan beras tahap II untuk tiga bulan alokasi, Oktober sampai dengan Desember 2023," kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sulselbar M Imron Rosidi, dalam Rapat Koordinasi Penanganan Dampak El Nino di Makassar, Jumat.

Baca juga: Bulog Sulteng salurkan 2.488 ton bantuan beras bagi warga prasejahtera

Sesuai data penerima bantuan beras sebelumnya, tercatat sebanyak 82.000 kepala keluarga di Sulawesi Selatan terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Puluhan ribu penerima bantuan yang tersebar di 24 kabupaten/kota ini akan mendapatkan bantuan beras 10 kg secara gratis selama tiga bulan ke depan.

Baca juga: Bulog: penyaluran bansos beras dilakukan pintu ke pintu

Adapun daerah dengan jumlah penerima terbanyak yakni Kabupaten Bone dengan 66.577 KPM. Disusul Kabupaten Gowa 60.311 KPM dan Kota Makassar sebanyak 45.218 KPM.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad menegaskan, penanganan El Nino merupakan atensi khusus dan urgensi dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Baca juga: Bulog pastikan beras bansos berkualitas bagus

Pemprov Sulsel juga sudah membuat SK Tim dalam rangka pengendalian dan stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan.

"Ini adalah suatu atensi yang luar biasa dari bapak pimpinan kita, dan merupakan hal yang sangat mendasar. Karena tidak hanya terkait konsekuensi dampak El Nino terhadap lahan pertanian kita, tetapi juga aspek-aspek lain dengan pelayanan dasar termasuk bagaimana penanganan kebutuhan air bersih pada masyarakat kita ke depannya," kata Arsjad.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023