Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 150 pesumo dari berbagai negara akan mengikuti Turnamen Sumo Dunia pada 24-25 Agustus mendatang di Istora Senayan Jakarta.

Dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis, pelatih sumo dari Asosiasi Sumo Jepang, Onoe Oyakata, mengatakan di antara 150 pesumo tersebut ada pesumo terkemuka seperti Yokozuna Hakuho dan 30 atlet sumo Jepang.

Menurut CEO Gotanda Denshi Co., Ltd, Takuji Yoshida, yang menyelenggarakan turnamen itu bersama Nihon Sumo Kyokai, turnamen di Indonesia merupakan turnamen sumo dunia kedua yang diselenggarakan di luar Jepang.

Turnamen serupa digelar di Mongolia pada 2008.

"Selama ini ada beberapa negara di dunia yang ingin menjadi lokasi penyelenggaraan Turnamen Sumo, tapi tidak diizinkan Asosiasi Sumo Jepang," kata Yoshida.

Yoshida menjelaskan, sumo bukan sekedar olahraga, tapi juga merupakan bagian dari upacara kuno tradisi dan hiburan Jepang.

Panitia penyelenggara Turnamen Sumo Dunia 2013 belum menyebut harga tiket turnamen sumo di Jakarta, hanya menyebut tiket akan dijual mulai Juni dan pemesanan tiket mulai 18 April di situs sumojakarta2013.com.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013