Tanjung Selor (ANTARA) - Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid meninjau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, guna memastikan pesta demokrasi tersebut berjalan aman dan demokratis.

“Saya lihat hampir semua TPS terpantau aman dan kondusif, semoga sampai perhitungan suara tetap berjalan dengan lancar,” kata Bupati Asmin Laura seusai meninjau 11 tempat pemungutan suara(TPS) di Kecamatan Sebatik, Senin. 

TPS yang dikunjungi Bupati Nunukan yakni TPS 2 dan TPS 3 Desa Bambangan, TPS 2 Desa Balansiku, TPS 01 Desa Sungai Manurung, TPS 01 dan 02 Desa Padaidi, TPS 05 Desa Bukit Aru Indah, TPS 01 dan 02 Desa Seberang, TPS 01 Desa Maspul, TPS 01 Desa Sungai Limau, TPS 01 Desa Lapri, dan TPS 2 Tanjung Harapan.

Ia mengharapkan, hasil pemungutan suara nanti dapat diterima oleh seluruh masyarakat.
Ia menyebut, kesuksesan Pilkades Serentak dapat menjadi barometer suksesnya pemilihan legislatif dan presiden serta pemilihan kepala daerah di Nunukan pada 2024 nanti.

Untuk diketahui, sebanyak 14 desa di Kabupaten Nunukan secara serentak menyelenggarakan pemungutan suara pada, Senin (28/8).

Pegawai Fungsional pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Nunukan, Muh. Akib Makmur memastikan proses pemungutan suara berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan.

Dia mengatakan, perlengkapan seperti kotak suara, kertas suara dan sejumlah material lainnya sepenuhnya telah didistribusikan ke sejumlah kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades.

Pilkades Serentak 2023 di Nunukan diikuti oleh tiga desa di Kecamatan Sebatik masing-masing Desa Sei Manurung dengan tiga calon, Desa Padaidi dua calon dan Desa Balansiku empat calon.

Selanjutnya dua desa di Kecamatan Sebatik Tengah yakni, desa Sungai Limau sebanyak lima calon, Desa Maspul tiga calon, serta Desa Bukit Harapan tiga calon. Dua desa di Kecamatan Sebatik Utara yakni Desa Seberang dua calon dan Desa Lapri dua calon.

"Untuk Kecamatan Sebatik Timur terdapat dua desa yang menyelenggarakan, masing-masing Desa Tanjung Harapan dua calon dan Desa Bukit Aru Indah tiga calon," ungkapnya.

Untuk di Kecamatan Sebatik Barat yang menggelar perhelatan Pilkades serentak kali ini hanya Desa Bambangan dengan tiga orang calon yang akan maju bertanding.

Adapula beberapa desa di wilayah empat yakni Desa Sanur Kecamatan Tulin Onsoi, Desa Sekaduyan Taka Kecamatan Sei Menggaris, dan Desa Pa Raye di Kecamatan Krayan Timur masing-masing diikuti oleh dua orang calon.
Baca juga: Ditjen Bina Pemdes: Antisipasi dinamika pilkades di tahun politik
Baca juga: Kemendagri beri penghargaan 24 desa dan kelurahan terbaik

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023