Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat mendorong para pelaku usaha skala kecil dan mikro untuk meningkatkan produktivitas usaha dengan berbasis media digital.

"Tentunya kami ingin meningkatkan skala bisnis usaha mikro dengan meningkatkan kapabilitas pelaku usaha dalam penggunaan IT. Serta meningkatkan produktivitas usaha berbasis media digital," kata Sekretaris DKUM Kota Depok Nani Zara di Depok, Senin.

Untuk itu dia berharap generasi milenial semakin meningkatkan kapasitas diri dalam menerapkan aplikasi teknologi informatika dalam dunia bisnis.

"Kami rutin memberikan pelatihan dan kegiatan lainnya kepada UMKM untuk meningkatkan kemampuannya dengan menggunakan media digital," katanya.

Ia mencontohkan pihaknya telah melaksanakan Depok Startup Festival (Dstuff) meliputi Talkshow Kota Kreatif, Startup & Community Expo, sharing session dengan pengusaha startup yang sudah go internasional.

"Ada juga sharing dengan dunia pendidikan, sekolah, kampus, dan komunitas kreatif, gathering komunitas kreatif dan wirausaha (WUB) Kota Depok, dan seminar siap kerja untuk Mahasiswa/SMA/SMK," jelasnya.

Ia menjelaskan Depok Startup Festival merupakan salah satu upaya pemerintah secara integral untuk meningkatkan kewirausahaan dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM). Serta memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat.

"Puluhan Startup pamerkan produk yang dikembangkannya, kegiatan ini adalah wadah pertemuan dan kolaborasi dengan pemerintah, antar komunitas, dunia usaha, lembaga pendidikan, universitas," ujarnya.

Depok Startup Festival, lanjutnya, salah satu rangkaian program yang digagas Pemkot Depok untuk mencetak 5.000 Wirausaha Baru (WUB) dan 1.000 Perempuan Pengusaha. Dimana dari kuota tersebut, dibina melalui Cluster Startup.

Depok menjadi salah satu kota yang terpilih masuk nominasi jejaring kota kreatif UNESCO Creative Cities Network (UCCN) Tahun 2023, berdasarkan pengajuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Baca juga: Pemkot Depok siap bangun mall startup

Baca juga: Produksi semen ramah lingkungan, "startup" UI masuk top 52 dunia

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023