Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan penyesuaian rute layanan sehubungan adanya demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.
 
"Penyesuaian layanan dengan tetap mempertimbangkan kenyamanan pelanggan TransJakarta," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta Wibowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Adapun penyesuaian rute tersebut antara lain koridor 1 rute Blok M-Kota mengalami pengalihan rute untuk arah Kota sehingga tidak dapat melayani Halte Monas dan Halte Bank Indonesia arah Kota. Sementara untuk arah sebaliknya beroperasi normal.
 
Rute pengalihan arah Kota, yakni Blok M-Sarinah-lampu merah Sarinah keluar jalur-lampu merah Bank Indonesia belok kiri-Jl Kebon Sirih-Hotel Milenium belok kiri-Jl Fachrudin-Jati Baru lurus-Jl Cideng Barat-lampu merah Tarakan belok kanan-Halte Petojo-lampu merah Harmoni belok kiri-Harmoni-Kota.
 
Lalu koridor 2A rute Pulogadung-Rawa Buaya mengalami pengalihan untuk arah Rawa Buaya sehingga tidak dapat melayani Halte Balaikota dan Monas. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Baca juga: TransJakarta operasikan 2 layanan Mikrotrans terkoneksi LRT Jabodebek
Baca juga: JakLingko resmi dukung sistem tiketing BRT Bandung Raya
 
Rute pengalihan arah Rawa Buaya, yakni setelah patung Tugu Tani-Lurus menuju Gambir 1-Istiqlal-Juanda-Pecenongan-Petojo-Rawa Buaya.
 
Kemudian koridor 7F rute Kampung Rambutan-Monas mengalami penyesuaian rute untuk kedua arah sehingga tidak dapat melayani Halte Balaikota dan Halte Monas.
 
Rute pengalihan arah Rawa Buaya pada arah Monas, yakni dari Halte Kwitang-melintas di Tugu Tani-lurus mengarah Halte Gambir-Halte Istiqlal-ke arah Juanda dan Pecenongan.
 
"Armada keluar jalur setelah Pecenongan dan berputar balik di lampu merah Pecenongan ke arah Juanda via Pejambon," ujar Bowo.
 
Sedangkan arah Kampung Rambutan, yakni setelah Halte Pecenongan-kembali arah Kampung Rambutan melalui Juanda dan Pejambon-kemudian ke arah Kwitang-normal sampai ke Kampung Rambutan.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023