Beijing (ANTARA) - Pemerintah China akan mengintensifkan peraturan makro dan meningkatkan upaya untuk menerapkan kebijakan fiskal proaktif secara efektif, demikian menurut sebuah laporan.

Laporan mengenai pelaksanaan anggaran sepanjang tahun 2023 tersebut disampaikan dalam sidang kelima Komite Tetap ke-14 Kongres Rakyat Nasional (NPC), badan legislatif tertinggi China, yang dibahas pada Senin (28/8).

Sejak awal tahun 2023, reformasi dan pembangunan finansial China telah didorong dengan kuat, pengoperasian keuangan secara keseluruhan stabil, serta pelaksanaan anggaran berjalan dengan baik, urai laporan tersebut.

Menteri Keuangan China Liu Kun, saat menyampaikan laporan itu, mengatakan China berfokus pada peningkatan permintaan domestik, mendongkrak kepercayaan diri, mencegah risiko, serta mendorong perbaikan berkelanjutan pada kinerja ekonomi, kekuatan pendorong endogen, dan ekspektasi sosial.

Lebih lanjut, laporan itu menguraikan bahwa berbagai upaya akan dilakukan untuk memperkuat dan mengoptimalkan perekonomian riil, secara efektif menjaga dan meningkatkan penghidupan masyarakat, serta mencegah dan meredakan risiko utang pemerintah daerah.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023