Fasilitas khusus itu disiapkan untuk menjamin kelancaran pemeriksaan delegasi KTT ASEAN seiring tingginya lalu lintas pelaku perjalanan di Bandara Soekarno-Hatta
Tangerang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta  Tangerang, tengah menyiapkan sejumlah fasilitas khusus perlintasan keimigrasian yang terintegrasi untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto di Tangerang, Selasa, mengatakan bahwa fasilitas khusus itu disiapkan untuk menjamin kelancaran pemeriksaan delegasi KTT ASEAN seiring tingginya lalu lintas pelaku perjalanan di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Indonesia bersiap tangani polusi udara jelang KTT ASEAN ke-43

"Kami menyediakan sejumlah fasilitas untuk menyambut kedatangan tamu dan delegasi ASEAN ke-43. Pertama, penyediaan perangkat Mobile Unit Border Control Management, khusus untuk delegasi setingkat kepala negara /menteri," katanya.

Menurut dia, sejumlah fasilitas khusus keimigrasian tersebut ditempatkan di Terminal 3 dan di Commercial Important Person (CIP) Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: Kemarin, kendaraan luar DKI harus lulus uji emisi hingga KTT ASEAN

"Fasilitas ini perlu disediakan untuk menunjang pemeriksaan para delegasi di tengah tingginya lalu lintas penumpang reguler," ujarnya.

Dia menyebutkan, sebagai gerbang utama dan tersibuk di Indonesia, Imigrasi Soekarno-Hatta telah berpengalaman dalam menyediakan fasilitas khusus pada setiap perhelatan internasional.

"Khusus untuk KTT ASEAN ke-43, kami mempersiapkan layanan keimigrasian yang diduplikasi dari pelayanan KTT G-20 pada tahun 2022 lalu," kata dia.

Baca juga: Menlu Retno tekankan empat ruh besar keketuaan Indonesia dalam ASEAN

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023