Langkah-langkah pemulihan dari pandemi COVID-19 secara keseluruhan, yang diawali dengan perlindungan populasi masyarakat rentan dengan melakukan vaksinasi yang spesifik.
Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Fakuktas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof Wiku Adisasmito memaparkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 di era endemi agar tidak kembali merebak.
 
"Pertama, yaitu dengan melengkapi vaksinasi COVID-19 hingga booster kedua, terutama bagi masyarakat rentan seperti anak, lansia, dan pemilik penyakit komorbid," katanya dalam webinar bertajuk "Sadari, Siaga, Solusi Terhadap Mutasi Virus Pada Masa Endemi COVID-19" yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.
 
Kemudian, langkah kedua, kata Wiku, yakni dengan tetap menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dengan tetap membiasakan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan membawa hand sanitizer kemana pun.
 
Langkah ketiga, tetap menjaga jarak dengan orang yang sedang tidak sehat dan berisiko tertular dan menularkan virus COVID-19.
 
Selain itu, ia juga memaparkan langkah-langkah pemulihan dari pandemi COVID-19 secara keseluruhan, yang diawali dengan perlindungan populasi masyarakat rentan dengan melakukan vaksinasi yang spesifik.

"Kedua, kita harus mempertahankan resiliensi dengan pengawasan dan testing COVID-19 secara massal," kata mantan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 tersebut.
 
Adapun yang ketiga, kata dia, adalah senantiasa berinovasi dengan berdasarkan pembelajaran yang didapatkan pada masa pandemi COVID-19, serta mengelola ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan dengan baik.
 
Keempat, sambungnya, senantiasa melakukan upaya deteksi, pencegahan, dan pengobatan penyakit menular lainnya.
 
"Surveilans masyarakat soal kesiap siagaan pandemi yang akan datang, serta mempersiapkan kebijakan terkait kesehatan yang baru juga dapat mengakselerasi pemulihannya," tutur Wiku.
 
Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar selalu menjaga dan memperhatikan kesehatannya masing-masing. Dia berharap pemulihan dari pandemi COVID-19 dapat berjalan dengan lancar.
 
"Pada prinsipnya semua orang harus tahu kondisi diri, jaga kesehatan, dan cek gejalanya. Kalau positif, maka sebaiknya istirahat supaya cepat pulih dan tidak menularkan kepada orang lain," demikian Wiku Adisasmito.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023