Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menghadirkan 150 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan dalam penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang dihadiri sekitar 10.000 pengunjung.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan pesta rakyat diselenggarakan secara rutin di sejumlah kota di Indonesia, sebagai upaya mengajak UMKM untuk meraih peluang dari berbagai sektor bisnis yang ada, sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selama 2023, lanjutnya, pesta rakyat telah berlangsung mulai Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia.

Supari menjelaskan, pesta rakyat tersebut menghadirkan berbagai produk UMKM unggulan, aneka jajanan kuliner, cek kesehatan dan sembako gratis, edukasi seputar bisnis dan literasi digital, wahana permainan dan kompetisi e-sport, serta panen hadiah dan berbagai hiburan lain.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan pemberdayaan UMKM, literasi digital, serta memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah.

Ia menerangkan, pesta rakyat diawali dengan agenda pawai seni dan budaya, dengan diikuti lebih dari 500 peserta meliputi marching band, parade fashion, reog dan jaranan, majapahitan, serta parade budaya antardesa.

Kemudian, terdapat kegiatan bazar bagi para UMKM untuk menjual produk unggulan khas, yang juga menjadi referensi kegiatan digitalisasi finansial dalam mengubah kebiasaan para nasabah dari yang menggunakan tunai menjadi cashless melalui aplikasi BRImo.

Dalam pesta rakyat, perseroan juga menghadirkan booth BRI Peduli, yang mana dengan membayar Rp1 melalui aplikasi BRImo, pengunjung dapat melakukan cek kesehatan secara gratis, donor darah, sembako gratis dan menukarkan sampah plastik secara gratis dengan voucer ratusan ribu rupiah.

Dalam kesempatan ini, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengapresiasi peran BRI dalam mendukung perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah, melalui pemberdayaan UMKM binaan.

Baca juga: BRI buat aturan kriteria nasabah terkait rencana hapus kredit UMKM 

Baca juga: BRI-Kemendag latih pelaku UMKM Banyumas untuk menembus pasar ekspor
 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023