Sampit (ANTARA) -
Upaya mendongkrak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta ekonomi kreatif di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah (Kalteng), gabungan sejumlah organisasi kepemudaan setempat menggelar Sampit Trade Expo 2023.
 
“Kami dari organisasi kepemudaan menggelar Sampit Trade Expo 2023 dengan harapan bisa mendongkrak UMKM dan ekonomi kreatif di wilayah ini. Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respons positif dari masyarakat,” kata Rahmad salah seorang inisiator acara tersebut di Sampit, Selasa.
 
Ia menyampaikan, kegiatan Sampit Trade Expo 2023 ini merupakan hasil kolaborasi beberapa organisasi kepemudaan, yakni Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kotawaringin Timur.
 
Produk UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kotawaringin Timur terus berkembang, sehingga pihaknya menilai perlu wadah agar usaha itu bisa berkembang.
 
Hal ini yang mendorong pihaknya menggelar Sampit Trade Expo yang dipusatkan di Taman Kota Sampit pada penghujung tahun 2023, sehingga pelaku UMKM dan ekonomi kreatif bisa mempromosikan produk unggulannya.
 
“Sebagai pemuda asli daerah ini, kami juga ingin berkontribusi untuk kemajuan daerah, dalam hal ini ikut memajukan UMKM dan ekonomi kreatif. Kami juga ingin berbuat untuk Kotim Harati,” ucapnya.
 
Kegiatan yang berlangsung dari 15-19 Desember 2023 ini disambut antusias masyarakat maupun pelaku usaha, khususnya pada malam akhir pekan tampak pengunjung memadati area acara digelar.
 
Total 45 stan yang disediakan dalam Sampit Trade Expo kali ini dan semua terisi oleh pedagang. Melihat respon yang positif, ia menilai bahwa perekonomian di kabupaten Kotawaringin Timur mulai membaik dan meningkat pasca COVID-19.
 
Menurutnya, kondisi ini tak lepas dari dukungan pemerintah daerah yang telah memberikan ruang bagi para pemuda Kotawaringin Timur untuk turut andil memajukan perekonomian.
 
“Kami mengapresiasi pemerintah daerah yang memberikan wadah bagi kami pemuda Kotim, harapan kami sinergisitas yang baik ini bisa terus terjaga kedepannya,” pungkasnya.
 
Gelaran Sampit Trade Expo tahun 2023 Ini mendapat sambutan positif terutama oleh pelaku UMKM, sebab melalui kegiatan ini mampu membawa peningkatan omzet dagangan mereka hingga 100 persen jika dibandingkan hari-hari biasa.
 
“Bagus sekali ada kegiatan seperti ini. Kami berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin, karena sangat membantu kami untuk meningkatkan omzet jualan,” kata salah seorang pelaku UMKM Ade Amithan.
 
Melalui Sampit Trade Expo diharapkan UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan dapat semakin berkembang yang pada akhirnya juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Baca juga: Penjabat Gubernur Kaltim: UMKM pilar kekuatan ekonomi daerah

Baca juga: Pemprov Kaltim dorong UMKM buat pengolahan minyak sawit skala kecil

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Devita Maulina
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023