Jakarta (ANTARA) - BPK Penabur berkolaborasi dengan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menargetkan 1.400 peserta dari berbagai sekolah di Indonesia untuk berpartisipasi di Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023. "Tahun ini untuk pertama kalinya kami membuat acara on-site dan berharap 1.400 peserta akan hadir di empat kota untuk mengikuti kejuaraan catur pelajar ini," kata Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR Adri Lazuardi dalam konferensi pers di BPK Penabur, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu.

Penyelenggara juga berharap ajang itu menjadi upaya memasyarakatkan catur sebagai bentuk pengembangan karakter bangsa, membangun semangat kebersamaan serta sportivitas para pelajar Indonesia, dan sebagai sarana berbagi ilmu dan bertukar pengalaman di antara pelajar,

Sebelumnya event yang diselenggarakan atas kerjasama antara BPK PENABUR dan PB Percasi itu telah memecahkan dua rekor MURI dalam penyelenggaraannya selama dua tahun terakhir.

Baca juga: Festival Catur Pelajar 2021 mendapat penghargaan dari Muri

Pada tahun 2021 Penabur Online Chess Festival berubah menjadi Festival Catur Pelajar Nasional. Ajang kedua itu digelar secara daring dan diikuti 1.365 pelajar dari 24 provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari pelajar SD, SMP, hingga SMA. Dan suatu kebanggaan karena Festival Catur Pelajar Nasional ini memperoleh Penghargaan MURI Sebagai peserta terbanyak catur pelajar daring pertama di Indonesia.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ketiga dilaksanakan di tahun 2022, diikuti 1.393 siswa dari 601 sekolah di 22 provinsi. Festival tersebut juga mendapatkan penghargaan MURI kedua karena keberhasilan dalam melaksanakan catur secara daring di seluruh Indonesia.

"Di babak kualifikasi saat ini sudah terdaftar sebanyak 1.120. Pesertanya masih bisa terus bertambah karena pendaftaran baru akan ditutup hingga tanggal 2 September mendatang," kata Inspektur Pertandingan Hendry Jamals.

Nantinya seluruh peserta akan mengikuti sembilan babak kualifikasi dengan memainkan pertandingan catur cepat yang diadakan di empat kota yaitu Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta. Para peserta akan memperebutkan 246 tiket ke babak selanjutnya dengan memainkan pertandingan final di Jakarta pada 16 September.

Baca juga: BPK Penabur gandeng Percasi gelar Festival Catur Pelajar Nasional 2023
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023