Jakarta (ANTARA) - BPK Penabur kembali berkolaborasi dengan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 yang akan diselenggarakan di empat kota, yaitu Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta.

"Ini merupakan turnamen catur tingkat nasional dan kesulitannya sangat tinggi lagi karena bermain serentak dan simultan di empat kota dan enam venue. Saya merasakan komitmen yang luar biasa lagi dari BPK PENABUR," kata Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya dalam konferensi pers di BPK PENABUR, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu.

Pelaksanaan festival catur pelajar tingkat nasional yang diadakan untuk keempat kalinya itu akan dilakukan secara onsite secara bersamaan, dalam delapan delapan kategori yang terdiri dari TK Putra/Putri, SD Putra/Putri, SMP Putra/Putri dan SMA Putra/putri. Finalnya akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023, yaitu di Komplek SMAK 1 BPK PENABUR Jakarta.

"Dengan adanya turnamen Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ini kami selalu membuka diri untuk pembinaan atlet catur sejak usia dini. Ini memang tujuan kami dengan BPK Penabur sejak awal," kata Eka Putra Wirya.

Baca juga: Festival Catur Pelajar Penabur diharapkan tumbuhkan karakter jujur
Baca juga: 1.393 peserta ikuti Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2022


Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 bertujuan untuk mempromosikan olahraga pikiran dan menggali potensi terbaik pelajar dalam bidang catur.

"Kami ingin setiap pelajar yang datang ke festival ini mendapatkan pengalaman yang holistik, tidak hanya dari sisi bermain catur tetapi juga pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka bawa pulang," kata Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR Adri Lazuardi. Opening ceremony Festival ini akan dibuka pada tanggal 2 September di SPK BPK PENABUR, Kelapa Gading, Jakarta.

Rencananya Festival Catur ini akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo dan Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto. Selain itu, festival ini juga dimeriahkan oleh siswa/i BPK PENABUR dari beberapa sekolah BPK PENABUR yaitu dari Kota Bandung, Jakarta dan Serang dengan mementaskan sendratari, modern dance, penyanyi solo, Choir, dan pantomim tentang catur.

Baca juga: Juara catur pelajar Penabur diharapkan jadi GM yang berkarakter baik
Baca juga: Festival Catur Pelajar 2021 mendapat penghargaan dari Muri


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023