Jakarta (ANTARA) - Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh BPK Penabur bersama dengan Sekolah Catur Utut Ardianto meraih rekor MURI sebagai ajang catur pelajar yang diikuti oleh peserta terbanyak dengan jumlah peserta mencapai 1.743 peserta.

Di tahun ketiga penyelenggaraan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional, 1.743 peserta tersebut berasal dari 13 provinsi di seluruh Indonesia.

"Pertama BPK Penabur berterima kasih kepada MURI karena memberikan satu penghargaan apresiasi atas apa yang dicapai oleh BPK Penabur, PB Percasi dan SCUA (Sekolah Catur Utut Ardianto). Apa yang dilakukan oleh kami dalam konteks ini adalah menjadikan olahraga catur ini untuk membangun bangsa. Sekolah BPK Penabur juga menangkap ini sebagai pembangunan karakter juga," kata Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 dari segi keikutsertaan peserta juga telah melampaui target yang ditetapkan oleh panitia. Panitia sebelumnya menetapkan sebanyak 1.400 peserta untuk mengikuti turnamen catur pelajar tersebut.

Baca juga: Festival Catur Pelajar Nasional 2023 bakal pecahkan rekor MURI

Ketua Panitia ‘Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK PENABUR 2023, Ambar Sri Pratiwi mengungkapkan ini semua merupakan sebuah langkah nyata dari BPK Penabur, SCUA dan Percasi dalam mewujudkan catur sebagai salah satu olahraga yang diminati oleh para pelajar dan juga mengembangkan karakter anak bangsa sebagai generasi yang tangguh dan kreatif.

"Bukan hal sederhana menyelenggarakan turnamen catur langsung di tempat menggunakan protokol fide dengan peserta berjumlah besar. Berbagai kendala teknis tentunya tak terelakkan. Akan tetapi kami memaknai situasi ini sebagai sebuah tantangan baru, sehingga kami menyikapinya sebagai ajang pembelajaran serta sarana pematangan diri.” ungkap Ambar.

Peraih gelar juara Festival Catur Pelajar Nasional 2023 akan dikirim ke kejuaraan catur tingkat Asia Tenggara atau ASEAN yang akan berlangsung di Laos. Ada sebanyak delapan pecatur yang meraih gelar juara di setiap kategori yang akan diberangkatkan ke ajang yang berlangsung di Laos tersebut. Langkah ini adalah merupakan langkah konkrit dukungan Percasi atas event akbar yang sukses diselenggarakan oleh BPK Penabur.

Selain itu peringkat kedua dan peringkat ketiga dalam gelaran turnamen tersebut juga akan berkesempatan mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) Percasi yang berlangsung di Manado.

Baca juga: BPK Penabur targetkan 1.400 peserta ikuti Festival Catur Pelajar 2023
Baca juga: BPK Penabur gandeng Percasi gelar Festival Catur Pelajar Nasional 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023