Jakarta (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) mengklaim sebagai partai politik peserta Pemilu 2024 yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) perempuan terbanyak ke KPU.

"Dari data KPU RI, caleg perempuan PAN tercatat 37,2 persen dan tersebar di 84 daerah pemilihan di Indonesia," kata Ketua Bidang Penggalangan Suara Perempuan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN Intan Fauzi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/8).

Ia menyebutkan terdapat 216 bacaleg perempuan PAN dari total 580 bacaleg perempuan secara nasional. Dengan demikian, PAN menjadi partai dengan persentase tertinggi yang menempatkan bacaleg perempuan ketimbang parpol lain yang ada di parlemen.

PAN secara resmi juga menggelar Deklarasi Perempuan Politik PAN sebagai bentuk komitmen keberpihakan PAN terhadap kaum perempuan.

Pada acara tersebut, PAN menampilkan 12 orang perwakilan perempuan ke panggung perayaan HUT Ke-25 PAN sebelum pidato politik Ketua Umum Zulkifli Hasan di Jakarta, Senin (28/8).

"Dalam pidatonya, Ketua Umum PAN Zulhas menegaskan kembali bahwa PAN sebagai partai inklusif memberikan kesempatan besar bagi kader perempuan," katanya menegaskan.

Ia berharap penampilan ke-12 perwakilan perempuan ini bisa menjadi contoh bagi perempuan Indonesia. Ada tujuh anggota legislatif perempuan dari PAN yang duduk di parlemen, dua pimpinan di DPRD, bupati, dan wali kota.

Intan Fauzi yang juga Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional, organisasi sayap PAN, menyatakan partainya sangat terbuka terhadap siapa pun, termasuk bagi kaum perempuan yang ingin terjun ke dunia politik memperjuangkan hak-hak perempuan.

Baca juga: Anggota DPR dorong generasi muda akses bantuan usaha di K/L
Baca juga: Anggota DPR ajak generasi muda terlibat dalam dunia politik

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023