Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah perusahaan yang terdiri dari 22 perusahaan BUMN, 4 BUMD, dan 5 swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan GRC & Performance Exellence Award 2023 yang dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (30/8).
 
Para pemenang penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023 ini dijaring dari sekitar 300 perusahaan BUMN (badan usaha milik negara), BUMD (badan usaha milik daerah), dan swasta yang menjadi nominasi.
 
Kemudian, dewan juri bersama tim penyelenggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan (Government, Risk and Compliance/GRC) dari perusahaan-perusahaan tersebut.
 
Acara yang mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business’’ ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu anggota seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) yang beranggotakan seluruh BUMN dan anak perusahaan BUMN serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).
 
Dewan juri GRC & Performance Excellence Award 2023, yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia itu, merupakan para pakar dan profesional di bidang tata kelola, manajemen strategis, finansial, perbankan, asuransi, ICT, serta riset dan inovasi
 
Dari proses penjurian, diputuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia internasional.
 
Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2023 sekaligus CEO Businessnews Indonesia Irnanda Laksanawan menjelaskan, ajang tersebut merupakan kegiatan penghargaan korporasi tahunan di bidang GRC.
 
“GRC & Performance Excellence Award 2023 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” kata Irnanda.
 
Sementara itu, Chairperson Board of Jury GRC & Performance Excellence Award 2023 Dewi Hanggraeni menjelaskan dalam menghadapi kondisi volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas, perusahaan perlu memfokuskan penerapan manajemen risiko disertai dengan pengoptimalan tata kelola perusahaan, dan kepatuhan yang terintegrasi.
 
Dewi menyebut ke depan semakin banyak tantangan GRC, yang dalam waktu dekat akan menghadapi Pilpres, Pilkada serentak, sehingga berbagai potensi risiko akibat ketidakpastian harus dimitigasi.
 
“Dengan mulai membaiknya kondisi ekonomi, meningkatkan implementasi GRC merupakan suatu keniscayaan. Dimana ke depan, tuntutan kinerja perusahaan yang lebih baik, nilai dari model bisnis mengalami perubahan,” ujar Dewi.
 
Adapun perusahaan-perusahaan yang meraih penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2023, yaitu:
 
Penerima 5 Star Diamond
 
1. Perum Perhutani
 
2. PT Bank CIMB Niaga Tbk
 
3. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
 
4. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
 
5. PT Jasa Raharja
 
6. PT Bukit Asam Tbk
 
7. PT PLN Indonesia Power
 
Penerima 5 Star Gold
 
1. PT MRT Jakarta (Perseroda)
 
2. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk
 
3. PT PLN Nusantara Power
 
4. PT Pos Indonesia (Persero)
 
5. PT Jasa Marga (Persero) Tbk
 
Penerima 5 Star Silver
 
1. PT Bank Pembangunan Daerah Bali
 
2. PT Semen Baturaja Tbk
 
3, PT Biro Klasifikasi Indonesia
 
4. PT Hutama Karya (Persero)
 
5. Perum Peruri
 
6. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)
 
7. PT PLN Enjiniring
 
8. PT PLN Energi Primer Indonesia
 
9. PT Permodalan Nasional Madani
 
Penerima 4 Star Diamond
 
1. PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk
 
2. PT Penjaminan Jamkrindo Syariah
 
3. PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah
 
4. PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
 
5. PT Wijaya Karya Realty
 
6. PT Mandala Multifinance Tbk
 
7. PT Bank Jabar Banten Syariah
 
Penerima 4 Star Gold
 
1. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023