Jakarta (ANTARA) - Beberapa komunitas pemuda dan olahraga di Indonesia, Filipina, Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Vietnam akan segera menikmati fasilitas lapangan basket yang telah diperbaharui serta program pelatihan basket berkat donasi senilai Rp10 miliar dari Sun Life.

Donasi itu bertujuan mendukung gaya hidup sehat bagi anak-anak kurang mampu di Asia, seperti tertulis dalam keterangan pers Sun Life yang diterima di Jakarta, Kamis. Program filantropi yang dijalankan bersama Beyond Sport, yayasan olahraga global yang berfokus pada perubahan sosial, merupakan respons atas laporan Active Healthy Kids Global Alliance 2022 yang didukung Sun Life.

Laporan tersebut menyoroti kurangnya aktivitas fisik dan banyaknya perilaku sedentari di kalangan anak-anak dan remaja di Asia, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, obesitas, gangguan kesehatan mental, serta berbagai kondisi kesehatan lainnya yang merugikan.

Menurut laporan tersebut, dalam hal aktivitas fisik, Hong Kong dan Malaysia mendapat nilai D, sementara Indonesia, Filipina, dan Vietnam mendapat nilai F. Hasil itu mengindikasikan bahwa kurang dari 20 persen anak berusia 6 sampai 17 tahun mencapai rata-rata aktivitas fisik moderat hingga intens selama minimal 60 menit setiap hari.

Baca juga: Dorong literasi, Sun Life hadirkan program 3R di Medan

Vice President, Branding Communications and Client Experience Sun Life Indonesia Kaiser Simanungkalit menyatakan mereka berkomitmen membantu jutaan keluarga untuk meraih kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Kurangnya aktivitas fisik dan perilaku yang cenderung statis di kalangan generasi muda Asia dikatakan Kaiser telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, dan berisiko terhadap peningkatan berbagai kondisi kesehatan serius.

"Oleh karenanya, perlu ada upaya untuk meningkatkan kesadaran serta menyediakan fasilitas dan edukasi berkualitas tentang pentingnya gaya hidup sehat, terutama bagi komunitas yang kurang mampu. Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Beyond Sport dan mitra strategis lokal lainnya untuk menyajikan solusi inovatif dan menciptakan dampak sosial yang lebih luas di Asia," Kaiser menambahkan.

Baca juga: Program Sekolah Bersinar dorong gaya hidup aktif anak

Executive Director Beyond Sport,​​​​​​ Fred Turner menekankan bagaimana anak muda di berbagai belahan dunia kerap menghadapi hambatan dalam mengakses olahraga dan segala manfaatnya.

"Hambatan tersebut terkadang hanya soal ketersediaan ruang yang aman untuk berolahraga dan bermain," ungkap dia.

Inisiatif itu diharapkan dapat memotivasi generasi muda di Asia untuk membentuk kebiasaan positif yang akan mendukung perkembangan mereka sepanjang hidup.

Inisiatif ini adalah bagian dari kampanye #MovementMatters Sun Life, yang berfokus pada promosi aktivitas fisik sebagai unsur kunci dalam mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat. Kampanye ini dimulai dengan Acara Amal 3x3 yang diselenggarakan secara serentak di Jakarta, Indonesia dan Manila, Filipina, pada tanggal 18 hingga 20 Agustus.

Acara "Celebrity & Basketball Weekend" di Jakarta berlangsung di Gandaria City Mall dengan kehadiran 650 peserta. Acara tersebut dimeriahkan oleh berbagai tokoh selebriti dan influencer basket, antara lain Dion Wiyoko, Tarra Budiman, Andovi, Jovial Da Lopez, Augie Fantinus, Rayi Putra, Samuel Rizal, Danang Suryonegoro, Maria Selena, Choky Sitohang, dan Bams.

Baca juga: Dion Wiyoko kenalkan olahraga pada anak sejak dini 

Baca juga: Laga futsal tim Ibnu Jamil vs Dion Wiyoko tayang mulai hari ini

Baca juga: Adhi Karya sukses tuntaskan venue FIBA World Cup 2023


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023