Treatment ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna di persemaian
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Iwan Takwin menyebut pekerjaan menggulung rumput di lapangan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara merupakan bagian dari perawatan (treatment).

Kegiatan ini, jelas  Iwan, bertujuan untuk mengantisipasi rumput yang terkelupas atau rusak karena tingginya intensitas pertandingan.

Treatment ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna di persemaian (nursery). Rumput-rumput yang mengalami kejenuhan karena intensitas pertandingan yang tinggi kami pelihara di persemaian agar pulih dan tumbuh normal kembali," kata Iwan di Jakarta, Kamis.

Iwan menambahkan rumput digulung secara manual untuk menjaga keutuhan akar, kemudian dipindahkan ke tempat persemaian supaya bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna.

Tahapan selanjutnya berlangsung di tempat persemaian yakni meningkatkan kualitas rumput hingga mencapai kondisi prima, agar senantiasa memenuhi kriteria yang direkomendasikan FIFA.

Iwan juga menyebutkan bahwa ke depannya akan ada lebih dari satu tempat persemaian.

Karena lapangan utama harus bisa digunakan kapanpun, maka penting menjadikan rumput yang berada di tempat persemaian untuk bisa digunakan sebagai cadangan (backup) apabila diperlukan sewaktu-waktu.

Iwan menambahkan proses penggantian rumput pun ke depannya akan sering dilakukan, ada yang dua kali sehari atau tiga kali sehari.

Mengingat intensitas setiap pertandingan sepakbola berbeda-beda, kualitas rumput harus mendukung intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut.

Iwan mengatakan Jakpro berkomitmen melakukan penyempurnaan dan persiapan terbaik bagi JIS menjelang perhelatan internasional Piala Dunia U-17 FIFA yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023 mendatang.

JIS akan menjadi arena utama yang menjadi tempat dua grup berlaga, termasuk kandang Timnas U-17 Indonesia.

Selain JIS, penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).
Baca juga: Ketum PSSI enggan berpolemik dan lebih pilih cari solusi
Baca juga: Jakpro ganti rumput JIS sesuai rekomendasi FIFA untuk ajang U-17
Baca juga: Jakpro: Renovasi rumput JIS tak gunakan PMD dari APBD 2023

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023