Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Prancis AS Monaco resmi mendapatkan Folarin Balogun dari Arsenal yang dikontrak lima tahun sampai Juni 2028.

“AS Monaco dengan bangga mengumumkan kedatangan striker Folarin Balogun dari Arsenal,” tulis pengumuman resmi klub, dilansir Kamis.

Pakar tranfser Fabrizio Romano melalui Twitter-nya mengabarkan Monaco menebus Balogun dari The Gunners dengan biaya keseluruhan yang termasuk add-ons berjumlah 40 juta euro atau sekitar Rp 662 miliar.

Balogun menjadi pemain asal Amerika Serikat kedua yang memperkuat Monaco setelah Freddy Adu pada 2008.

Bergabung dengan Monaco membuat striker 22 tahun itu kembali ke Liga Prancis, kompetisi yang membuat namanya melambung karena pada musim lalu ia mencetak 22 gol dan tiga assist selama satu musim membela Stade Reims, demikian dilansir dari Transfermarkt.

“Hai penggemar, ini Balogun. Saya sangat senang bergabung dengan AS Monaco. Tidak sabar untuk bertemu Anda akhir pekan ini,” ucap Balogun setelah diperkenalkan menjadi pemain baru Monaco.

Baca juga: Pemain PSG Neymar dikabarkan bakal merapat ke Al-Hilal

Selama di Arsenal, Balogun gagal tampil apik karena hanya melesatkan 2 gol dan 1 assist dari 10 penampilan di semua ajang. Kariernya bersama tim yang bermarkas di Stadion Emirates itu sudah dua kali dipinjamkan yaitu di Middlesbrough FC dan Stade Reims.  Namun, dua kali masa peminjamannya masih gagal meyakinkan pelatih Mikel Arteta untuk menjadikannya juru gedor utama.

Pada musim ini, ia juga masih kalah bersaing dengan tiga striker tim Meriam London yaitu Eddie Nketiah, Leandro Trossard, dan Gabriel Jesus.

Bersama Les Rouge et Blanc, julukan Monaco, striker bertinggi 1,78 meter itu menjadi rekrutan kelima klub pada musim panas ini setelah Philipp Kohn (RB Salzburg), Wilfried Singo (Torino), Mohammed Salisu (Southampton), dan Denis Zakaria (Juventus).

Baca juga: Olympique Lyon resmi dapatkan eks Arsenal Ainsley Maitland-Niles

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023