Kiev (ANTARA) - Pasukan Ukraina mencetak sejumlah "keberhasilan" di front selatan dan timur ketika mereka berusaha terus bergerak maju dengan ofensif baliknya melawan pasukan Rusia, kata Wakil Menteri Pertahanan Hanna Maliar pada Kamis.

Pasukan Ukraina mengalami kemajuan yang pelan karena menghadapi ladang ranjau dan parit Rusia yang menghalangi serangannya ke front selatan dengan sasaran mencapai Laut Azov dan memecah pasukan Rusia.

"Sejumlah keberhasilan dicapai, khususnya dalam arah Novodanylivka-Novoprokopivka," kata Maliar melalui aplikasi pesan Telegram, merujuk dua desa di bagian tenggara Provinsi Zaporizhzhia.

Novoprokopivka terletak lebih jauh ke selatan dari desa strategis Robotyne, yang menurut Ukraina sudah mereka rebut kembali pada Senin.

Maliar juga mengatakan pasukan Ukraina melanjutkan operasi ofensif di bagian selatan kota Bakhmut di Ukraina timur, yang hancur lebur dan direbut pasukan Rusia pada Mei.

Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, panglima angkatan darat Ukraina, juga mengungkapkan ada "dinamika positif" di front Bakhmut, namun tidak menjelaskan lebih jauh.

Pertempuran sengit terjadi di desa Klishchiivka, Kurdyumivka dan Andriivka, kata Maliar.

Maliar menambahkan bahwa pertempuran "aktif" juga sedang berlangsung di front Lyman di Ukraina timur, di mana pasukan Rusia berusaha maju sampai dekat desa Novoyehorivka dan Bilohorivka di Provinsi Luhansk.

Sumber: Reuters
Baca juga: Uni Eropa minta anggotanya perbanyak bantuan amunisi untuk Ukraina
Baca juga: Ukraina klaim rebut kembali sebuah desa strategis dari tangan Rusia
Baca juga: Ukraina sebut berhasil gempur pangkalan militer Rusia di Krimea

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023