Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan informasi iklim beberapa wilayah pada sembilan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengalami hari tanpa hujan (HTH) dengan kategori Ekstrem Panjang atau lebih dari 60 hari.

"Diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II NTT, Rahmattulloh Adji dari Kupang, Jumat.

Berdasarkan informasi iklim Provinsi NTT per 31 Agustus 2023, monitoring HTH berturut-turut Dasarian III Agustus 2023 di NTT pada umumnya mengalami HTH dengan kategori Sangat Panjang atau berkisar antara 31 hari sampai 60 hari.

Sedangkan wilayah yang mengalami HTH dengan kategori Ekstrem Panjang atau lebih dari 60 hari antara lain Kabupaten Ende yakni sekitar Sokoria/Maukaro, Kabupaten Sikka yakni sekitar Magepanda, Kabupaten Sumba Timur yakni sekitar Malahar dan Kamanggih, serta Kabupaten Sabu Raijua yakni sekitar Daieko.

Selanjutnya ada Kabupaten Rote Ndao yakni sekitar Busalangga, Kota Kupang sekitar Staklim NTT dan Manulai II, Kabupaten Kupang sekitar Sulamu dan Batuliti, Kabupaten Belu sekitar Atambua/Motabuik, Fatubenao, dan Fatulotu, serta Kabupaten Lembata yakni sekitar Nagawutung.

Baca juga: BPBD NTT sebut enam kabupaten tetapkan status darurat kekeringan 

Baca juga: BPBD NTT imbau masyarakat waspada dampak kekeringan

Ia menjelaskan analisis curah hujan Dasarian III Agustus 2023 pada umumnya di wilayah NTT mengalami curah hujan dengan kategori Rendah atau berkisar antara nol hingga 50 mm.

Sedangkan berdasarkan Peta Prakiraan Probabilistik/Peluang Curah Hujan Dasarian I September 2023, wilayah NTT pada umumnya diprakirakan akan mengalami curah hujan nol sampai 20 mm dengan peluang sebesar 91 sampai 100 persen.

Curah hujan yang rendah serta HTH kategori Esktrem Panjang tentunya berdampak pada sektor pertanian dengan sistem tadah hujan, pengurangan ketersediaan air tanah sehingga menyebabkan kelangkaan air bersih, serta meningkatnya potensi kemudahan terjadinya kebakaran.

Atas kondisi itu Rahmattulloh berpesan agar masyarakat mewaspadai dan mengantisipasi kekurangan air pada saat musim kemarau ini.

Ia juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan karena kondisi berangin pada musim kemarau ini.

"Waspada dan antisipasi kekurangan air pada saat musim kemarau ini serta kebakaran hutan dan lahan," ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD NTT Ambrosius Kodo telah mengimbau masyarakat untuk menghemat pemakaian air bersih. Ia meminta masyarakat agar memakai air sesuai kebutuhan dan tidak membuang-buang air untuk hal yang tidak terlalu penting.

Sedangkan terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan, Ambrosius berpesan kepada para perokok agar memastikan api dari puntung rokok telah padam sebelum dibuang. Para petani yang hendak membuka lahan pertanian juga harus memperhatikan hal-hal yang tidak menyebabkan terjadinya kebakaran semakin meluas.

"Kita terus memantau dampak langsung terhadap kesulitan akses air bersih," ucapnya.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat NTT waspadai ancaman bencana kekeringan

Baca juga: BMKG ingatkan masyarakat di NTT waspada kebakaran hutan dan lahan

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023