Jakarta (ANTARA) - Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro mencetak rekor lap tercepat terbaru pada sesi latihan bebas jelang MotoGP Catalunya yang bergulir di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Jumat (1/9).

Dikutip dari laman resmi MotoGP pada Sabtu, Espargaro mencatatkan waktu lap tercepat 1 menit 38,686 detik untuk memimpin sesi tersebut, sekaligus secara otomatis memimpin daftar 10 besar yang menembus kualifikasi utama (Q2) di hari kedua MotoGP Catalunya.

Adapun Espargaro hanya unggul tipis 0,362 detik dari rekan satu timnya, Maverick Vinales, yang juga secara langsung berhasil mencetak posisi 1-2 untuk Aprilia.

Sementara itu, juara bertahan musim ini, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), masih belum berhasil mematahkan dominasi para pebalap Aprilia di sesi ini dengan finis di posisi ketiga dan hanya terpaut 0,013 detik dari Vinales.

Baca juga: Quartararo incar kemenangan beruntun di MotoGP Catalunya

Baik Bagnaia maupun Vinales sama-sama menghabiskan waktu mereka di posisi tiga teratas selama sesi latihan bebas berlangsung dan mencoba menyalip satu sama lain, namun tidak ada yang bisa mengalahkan sang pebalap tuan rumah.

Lebih lanjut, pebalap tim satelit Ducati yaitu Johann Zarco (Prima Pramac) sukses mengamankan P4 dengan selisih waktu 0,571 detik dari Espargaro. Sementara melengkapi daftar lima besar ada Brad Binder (Red Bull KTM) yang terpaut 0,660 detik dari sang pemimpin balapan.

Selain itu, daftar 10 besar dilengkapi oleh Alex Marquez (Gresini Racing), Marco Bezzecchi (Mooney VR46), Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing), Enea Bastianini (Ducati Lenovo), dan Jorge Martin (Prima Pramac).

Di sisi lain, sejumlah pebalap lainnya seperti Marc Marquez (Repsol Honda), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Jack Miller (Red Bull KTM), hingga Luca Marini (Mooney VR46) masih harus berjuang untuk menjalani babak kualifikasi 1 (Q1) di hari kedua MotoGP Catalunya.

Baca juga: Statistik MotoGP Catalunya di Barcelona
Baca juga: Bandara Lombok siap melayani penerbangan logistik ajang MotoGP 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023