Jayapura (ANTARA) - Akademisi Universitas Muhammadiyah Papua membangun sikap sadar wisata bagi masyarakat di Kampung Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura melalui sosialisasi dan pelatihan komunikasi pariwisata.

Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Papua Indah Sulistiani dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Sabtu, mengatakan sosialisasi pengembangan pariwisata melibatkan perwakilan masyarakat dari empat kampung di Distrik Muara Tami yakkni Kampung Mosso, Skouw Mabo, Skouw Sae dan Skouw Yambe.

Menurut Sulistiani, kegiatan tersebut terinspirasi dari kunjungan Universitas Muhammadiyah Papua ke Perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) di mana turis atau wisatawan hanya terfokus pada objek wisata di batas negara padahal di daerah perbatasan terdapat kampung-kampung yang memiliki potensi pariwisata yang cukup bagus dan beragam.

"Seperti objek wisata pemandian air panas, konservasi penyu, surfing, wisata pantai pasang surut, view pantai saat sunrise dan sunset," katanya.

Baca juga: Pemkot Jayapura minta pengelola desa wisata tingkatkan profesionalitas

Dia menjelaskan dari hasil analisis ada beberapa kekurangan dalam pembangunan pariwisata di wilayah perbatasan mulai dari pemahaman masyarakat yang masih belum memahami bahwa pengembangan sektor pariwisata sebenarnya membawa dampak positif baik sektor ekonomi, sosial, politik, lingkungan dan sektor lainnya.

"Tentu pengembangan pariwisata sudah menjadi program dari Dinas terkait dan Distrik Muara Tami tetapi perlu adanya pendekatan dari akademisi dalam bentuk sosialisasi maupun pelatihan terkait komunikasi pembangunan untuk menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya pengembangan pariwisata," ujarnya.

Dia menambahkan dalam kegiatan tersebut pihaknya juga meningkatkan keterampilan warga dalam bentuk pelatihan keterampilan pemanfaatan digital dan komunikasi pariwisata.

Baca juga: Dispar sebut rute penerbangan Biak-Jayapura bantu promosi wisata

Dia mengatakan pembangunan pariwisata merupakan program dari pemerintah tetapi dari segi kajian akademisi terutama kajian dari perspektif komunikasi pembangunan pihaknya merasa masih ada banyak hal yang perlu untuk dibenahi seperti peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pembangunan pariwisata.

"Dan pemanfaatan media digital dan teknik menyusun konten pesan-pesan wisata efektif agar bisa menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke kampung-kampung wisata yang ada di Distrik Muara Tami," katanya lagi.

Sosialisasi dan pelatihan komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh Akademisi Universitas Muhammadiyah Papua kepada warga di empat kampung di Skouw berlangsung pada 30-31 Agustus 2023. 

Baca juga: Dispar Jayapura dorong digitalisasi sektor wisata untuk pemasaran

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023