Kita perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D, serta menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga
Gianyar, Bali (ANTARA) - Pemerintah kabupaten Gianyar, Bali, menyatakan daerah pertama yang mencanangkan gerakan melawan osteoporosis dimulai dengan senam pagi diikuti 1.500 peserta.
 
"Alun-alun Gianyar dipadati ribuan orang. Selain para pegawai Pemkab Gianyar, terlihat pula masyarakat umum memadati alun-alun. Mereka mengikuti pencanangan gerakan Gianyar melawan osteoporosis," kata Ketua DPD Perkumpulan Warga Tulang Sehat (Perwatusi) Provinsi Bali I Gusti Ayu Rai Widowati, dalam siaran pers Diskominfo Gianyar, Sabtu.
 
“Pencanangan Gerakan Gianyar melawan osteoporosis merupakan program dari DPD dan Kabupaten Gianyar menjadi yang pertama mencanangkan gerakan daerah melawan osteoporosis,” tambah I Gusti Ayu Rai Widowati.

Baca juga: Polusi udara percepat kerusakan tulang pada wanita menopause
“Terlihat sekarang ada lebih dari 1.500 peserta senam yang hadir pada saat ini memenuhi Alun-alun Kota Gianyar. Luar biasanya ini lebih meriah daripada yang dilakukan oleh Provinsi Bali sendiri yang dicanangkan oleh Gubernur Bali pada tanggal 22 Juli tahun 2023,” lanjutnya saat memperkenalkan kepengurusan Perwatusi Gianyar, di Alun-alun Gianyar.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun mengajak seluruh komponen masyarakat Gianyar, dari berbagai lapisan usia, untuk bersama-sama melakukan tindakan preventif dalam melawan osteoporosis.
 
“Kita perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D, serta menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga,” ujarnya.

Baca juga: Indy Barends ubah gaya hidup demi jaga kesehatan tulang
Meski demikian, Wabup Agung Mayun menekankan bahwa gerakan melawan osteoporosis bukanlah semata-mata tanggung jawab pribadi.
 
“Saya mengajak semua pihak, termasuk lembaga pendidikan, rumah sakit, komunitas, dan media, untuk mendukung dan menyebarkan informasi mengenai gerakan ini. Kita dapat berkolaborasi untuk mengadakan berbagai kegiatan guna meningkatkan pemahaman tentang osteoporosis,” tegasnya.
 
“Mari kita bergandengan tangan dalam perjuangan melawan osteoporosis dan mewujudkan Kabupaten Gianyar yang sehat, kuat, dan penuh energi. Semangat kita adalah kunci kesuksesan gerakan ini,” sambungnya sembari menutup sambutannya.

Baca juga: Cegah osteoporosis dimulai dari pola makan

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023