Fokus utama forum ini adalah mengantisipasi tantangan dan peluang masa depan....
Jakarta (ANTARA) - ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) menjaring aspirasi dan memacu kepemimpinan visioner generasi muda untuk membangun ekonomi ASEAN melalui forum side event ASEAN Business & Investment Summit yang merupakan rangkaian menuju KTT Ke-43 ASEAN.

"Acara ini memberi semangat inklusivitas dan kolaborasi, yang mencerminkan aspirasi kolektif untuk memacu kepemimpinan visioner dan melahirkan para pemimpin muda ASEAN yang tangguh," kata Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid pada ASEAN Future Generation Business Forum, di Jakarta, Sabtu.

ASEAN Future Generation Business Forum, katanya lagi, merupakan forum diskusi interaktif dan berbagi pengetahuan yang bertujuan membangun generasi muda ASEAN yang tangguh serta memastikan masa depan yang lebih cerah pasca COVID-19.

“Fokus utama forum ini adalah mengantisipasi tantangan dan peluang masa depan, serta menentukan arah yang harus diambil ASEAN. Dengan mempertemukan beragam pembicara dari berbagai sektor, termasuk bisnis, politik, sains, dan kewirausahaan sosial, acara ini mendorong pendekatan inklusif dan holistik dalam pembentukan masa depan ASEAN secara kolektif,” ujarnya lagi.

Forum yang menghadirkan pembicara dari ASEAN dan negara-negara ASEAN mitra dialog, dari anggota komunitas bisnis terkemuka, ikon berpengaruh, politisi, ilmuwan, dan sociopreneur tersebut membahas sejumlah tema-tema penting dan strategis.

Tema tersebut, di antaranya transformasi digital, pembangunan berkelanjutan, ketahanan kesehatan, ketahanan pangan, dan fasilitasi perdagangan dan investasi dengan menekankan pentingnya kemakmuran serta inovasi dalam membentuk visi bersama untuk masa depan ASEAN yang dituangkan dalam Visi ASEAN 2045.

"Hal ini bermanfaat sebagai platform penting bagi peserta untuk mengeksplorasi solusi inovatif, mendorong pertumbuhan, dan berkontribusi pada tujuan pembangunan jangka panjang komunitas ASEAN," kata Arsjad pula.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang turut hadir pada forum tersebut mengatakan masa depan ekonomi ASEAN berfokus kepada bagaimana generasi masa depan mampu melakukan transformasi dan menciptakan inklusivitas di ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, termasuk merangkul lebih banyak lagi UMKM untuk terlibat dalam pengembangan ekonomi kawasan.

“Saya ingin generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa depan, dari segi bisnis dan ekonomi menjawab tantangan-tantangan tersebut, khususnya untuk memastikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia,” ujarnya lagi.
Baca juga: ASEAN-BAC: investasi dan perdagangan urat nadi perekonomian ASEAN
Baca juga: ASEAN Women CEO Forum perkuat peran perempuan di dunia bisnis


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023