Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Banten membuka pendaftaran pelatihan tune up sepeda motor konvensional yang dilaksanakan di BLK Cibodas untuk kapasitas 20 orang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan di Tangerang Minggu menuturkan pendaftaran dilakukan mulai tanggal 1 - 9 September 2023 melalui Super App Tangerang LIVE dan memilih menu tangerang cakap kerja.

Sementara itu kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 13 September - 18 Oktober 2023 tanpa dipungut biaya apapun.

"Bagi masyarakat Kota Tangerang yang usia 18-45 tahun dan ingin menambah keterampilan di bidang ini maka bisa segera mendaftar," kata dia.

Ujang dalam keterangannya menambahkan Dinas Ketenagakerjaan memiliki tiga Balai Latihan Kerja yakni di Kecamatan Benda, Kecamatan Cibodas dan Kecamatan Larangan serta membuka kelas sebanyak empat angkatan setiap tahunnya.

Kemudian total pelatihan yang dibuka pada tahun ini ada delapan jenis diantaranya kelas menjahit, teknik pendingin atau Teknik AC, perhotelan, tata boga, operator computer, instalasi listrik, desain grafis dan percetakan, serta kelas teknik kendaraan atau servis motor.

Sedangkan per angkatan, Disnasker hanya membuka kuota terbatas yaitu sekitar 20 orang per kelasnya. "Semua kelas pelatihan dapat dimanfaatkan secara gratis atau tanpa dipungut biaya," ujarnya.

Dijelaskannya peserta dilatih oleh guru atau pengajar yang kompeten dan profesional di bidangnya dengan sistem pembelajaran 25 persen teori dan 75 persen praktik langsung.

Peserta yang lulus ujian juga akan mendapat sertifikat pelatihan berstandar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Sertifikat inilah yang dapat membantu atau memudahkan para peserta pelatihan melamar atau mendapatkan pekerjaan selepas lulus dari BLK Kota Tangerang,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023