Bukittinggi,- (ANTARA) -
Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama mendaftarkan sekitar 300 warga Pagadih, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), untuk mendapatkan layanan dan manfaat BPJamsostek dan dibayarkan iuran selama tiga bulan.
 
"Sebagian besar warga Pagadih, Palupuah ini, sudah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan, namun belum BPJamsostek karena minimnya informasi dan akses yang jauh mengingat daerah setempat terletak cukup jauh di pelosok Agam," kata Anggota Komisi IX DPR RI itu, di Bukittinggi, Minggu.
 
Ade Rezki Pratama mengajak masyarakat untuk menjadi peserta BPjamsostek dengan pertimbangan apapun profesi dan pekerjaan memiliki risiko.
 
Untuk itu anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar II itu menyempatkan diri menghadiri sosialisasi program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan di Pagadih, guna memberi perlindungan kepada masyarakat dari risiko kerja.
 
"Ada empat program utama yang dimiliki yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP), keempatnya memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan para pekerja demi meningkatkan kesejahteraan," kata Ade Rezki Pratama.

Baca juga: Komosi IX DPR-RI Dorong Tingkatkan Sosialisasi Manfaat BPJamsostek
 
Sementara itu Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi diwakili oleh Kepala Bidang Keuangan Ekawati Lestari memaparkan kepada masyarakat  terkait program BPJS Ketenagakerjaan yang disebutnya juga berperan meningkat kesejahteraan masyarakat.

"Peserta (BPJamsostek) nantinya tidak menerima bentuk uang, tapi fasilitas kesehatan saat kita mengalami risiko kerja," katanya. 
 
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi memiliki delapan wilayah kerja yaitu Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kabupaten 50 kota, Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar.
 
"BPJS ketenagakerjaan dapat dimiliki oleh siapa saja yang memiliki pekerjaan untuk menafkahi hidup, saat mengalami risiko pekerjaan maka akan ditanggung oleh BPJamsostek," katanya.
 
Sementara itu Ketua DPRD Agam Novi Irwan yang hadir pada kegiatan itu, memberikan apresiasi kepada Anggota Komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama, karena tidak hanya memperhatikan Kabupaten Agam di bidang infrastruktur, namun juga di bidang pertanian, kesehatan, hingga ketenagakerjaan.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Sumbar targetkan 2,3 juta pekerja informal terlindungi
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023