PLN terus bersinergi untuk meningkatkan produktivitas dan mendorong peningkatan kapasitas para pelaku UMKM di Sumut
Medan (ANTARA) - Sebanyak 8.732 pelanggan PLN di Sumatera Utara (Sumut) memanfaatkan Program Tambah Daya Listrik memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI melalui aplikasi loka pasar PLN Mobile.

"Program ini untuk mendorong peningkatan produksi dan penjualan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menggerakkan roda perekonomian di Sumut," kata General Manajer PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut Awaluddin Hafid dalam keterangan di Medan, Minggu.

Awaluddin menyebutkan program itu merupakan bentuk konsistensi dan perhatian PLN kepada pelaku UMKM.

"PLN memberikan program tambah daya listrik bagi semua golongan tarif daya 450 volt ampere (VA) hingga daya akhir maksimal 5.500 volt ampere (VA) hanya membayar Rp170.845 dengan sebelumnya melakukan belanja online di PLN Mobile minimal Rp78.000 untuk satu kali transaksi," ucapnya.

Baca juga: PLN UID Sumut berikan listrik gratis kepada 41 keluarga kurang mampu

Baca juga: 1.232 warga desa terpencil di Sumut nikmati listrik PLN


Ia mengatakan loka pasar merupakan salah satu fitur dalam aplikasi PLN Mobile yang menyediakan berbagai produk UMKM seperti kerajinan tangan, fesyen hingga makanan dan minuman yang dapat dipilih oleh pelanggan PLN.

Program tambah daya listrik melalui program Gebyar Kemerdekaan 2023 sebagai bentuk dukungan pengembangan pelaku UMKM di Indonesia dalam menyemarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

"PLN terus bersinergi untuk meningkatkan produktivitas dan mendorong peningkatan kapasitas para pelaku UMKM di Sumut melalui berbagai program kemitraan. Saat ini telah banyak para pelaku UMKM yang telah merasakan manfaat setelah bergabung dengan di dua Rumah BUMN yakni Rumah BUMN Padang Sidimpuan dan Rumah BUMN Sibolga,” tutup Awaluddin.

Baca juga: PLN UID Sumut mulai implementasikan penggunaan kWh meter pintar AMI 

Baca juga: MJ Coffee binaan PLN UID Sumut laris manis di PRSU 2023

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023