... mobil pintar, program ASI, dan gerakan menanam pohon... "
Jakarta (ANTARA News) - Jika tidak ada halangan, 18 bulan ke depan Indonesia akan memiliki presiden baru menggantikan Susilo Yudhoyono yang telah menjabat dua kali. Siapa orang yang dianggap pas menjadi pengganti?

"Saya melihat sosok Ibu Ani Yudhoyono cocok menjadi calon presiden 2014," kata Ruhut Sitompul, di Gedung DPR Jakarta, Rabu. Sitompul kader Partai Demokrat yang lama malang-melintang sebelumnya di Partai Golkar sejak masih bernama Golkar saja.

Sitompul mengatakan, Ani Yudhoyono --bernama lengkap Kristiani Herawati, kelahiran 6 Juli 1962, putri tertua almarhum Letnan Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo, komandan jenderal RPKAD-- memiliki prestasi nyata untuk sumbangsih bagi Indonesia. 

Ani Yudhoyono, saat masih gadis, pernah kuliah hingga tahun ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, namun tidak dia selesaikan karena mengikuti ayahnya yang ditunjuk Presiden Soeharto menjadi duta besar Indonesia untuk Korea Selatan. 

Pada 1976, setahun sepulang dari Korea Selatan, dia menikah dengan Letnan Dua Infantri (saat itu) Susilo Yudhoyono. Suaminya kemudian menjadi presiden keenam Indonesia, sehingga kini gelaran Ani Yudhoyono adalah Ibu Negara atau First Lady

Kira-kira apa saja prestasi First Lady Indonesia kini itu? Sitompul mengurai beberapa, "Beberapa program yang menjadi inisiatif Ani Yudhoyono, antara lain mobil pintar, program ASI, dan gerakan menanam pohon," kata dia.

Asal-usul, bagi etnik Jawa tetap penting. Ini juga yang dikatakan Sitompul, "Ibu Ani merupakan putri dari Sarwo Edhie Wibowo, sehingga banyak pelajaran yang bisa diambil dari orang tuanya."

(I028/M026)

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013