Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan mengerahkan 300 personel yang dibagi dalam dua kelompok kerja guna membantu melancarkan arus lalu lintas di sekitar Gedung ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Sudin Jakarta Selatan menurunkan 300 personel yang dibagi menjadi dua shift selama penyelenggaraan KTT ASEAN ini,” kata Pengawas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Nasrullah pada Senin.

Setiap shift pengamanan dibagi dari pukul 06.00 hingga pukul 14.00 sedangkan shift kedua pukul 14.00 hingga pukul 00.00 WIB. Hal tersebut dilakukan selama kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang berlangsung di Jakarta pada 4-7 September 2023.

Pengaturan lalu lintas dilakukan di sejumlah ruas jalan yang dibagi menjadi dua ring yakni, ring dalam meliputi wilayah Mega Kuningan yang menjadi lokasi hotel-hotel delegasi sampai ke daerah Kebayoran baru. Sedangkan ring luar meliputi ruas jalan daerah Mampang hingga ke Kebayoran lama.
 

Pantauan arus lalu lintas di sekitaran Gedung ASEAN, Jakarta Selatan, Senin (04/09/2023) ANTARA/Arif Prada
Sudin Perhubungan Jakarta Selatan tak hanya membantu mengamankan arus lalu lintas di sekitaran gedung ASEAN, tapi juga mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang dilewati delegasi yang mengarah dari hotel hingga ke gedung ASEAN.

“Apabila terjadi pengalihan arus dari kepolisian, kita menempatkan anggota di titik-titik pengalihan arus atau jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan di ring luar," ujar Nasrullah.

Hingga saat ini pantauan arus lalu lintas di sekitar Gedung ASEAN terpantau lancar. Tidak ada kemacetan yang berarti di kawasan tersebut. Pantauan arus lalu lintas di sekitar Gedung ASEAN terus dilakukan oleh kepolisian bersama petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan selama kegiatan pertemuan KTT-ASEAN berlangsung.

Petugas juga mengimbau para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Baca juga: Polisi buka-tutup ruas Jalan Sudirman saat delegasi KTT ASEAN melintas

Baca juga: Polisi tak lakukan rekayasa lalin di sekitar Monas karena arus lancar

Baca juga: KTT ASEAN, TMII tutup sementara untuk publik


Pewarta: Arif Prada
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023