Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Papua mengatakan Numbay Creative Festival masuk dalam 10 besar kegiatan terbaik agenda Karismatik Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano di Jayapura, Senin, mengatakan Numbay Creative Festival terpilih dan masuk dalam 10 agenda KEN pada 2022 yang diumumkan oleh Kemenparekraf RI.

"Numbay Creative Festival dipilih dari tiga ajang yang kami usulkan saat itu yakni Festival Port Numbay dan Papua Reagge Festival," katanya.

Menurit Mano, Numbay Creative Festival merupakan ajang komunitas se Kota Jayapura yang telah dilaksanakan sejak 2021 kemudian ajang tersebut akan dilaksanakan kembali pada 21-24 September 2023.

"Rencananya Numbay Creative Festival akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno karena iven tersebut masuk dalam 10 agenda KEN," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya merasa bangga karena Numbay Creative Festival masuk dalam top 10 ajang terbaik agenda KEN.

Dia mengatakan selain Numbay Creative Festival yang dilaksanakan pada September 2023 pihaknya juga akan menyiapkan agenda lokal seperti festival makan kelapa muda di Kampung Skouw Yambe pada 9 September 2023.

Dia menambahkan Dinas Pariwisata Kota Jayapura juga akan melaksanakan Papua Reagge Festival dan festival musik Rock (Rocktober) pada Oktober 2023.

"Sementara ini kami juga  menghimpun beberapa kegiatan  yang muncul secara spontan yang dilaksanakan oleh komunitas untuk dimasukkan dalam kalender iven Dinas Pariwisata 2024," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023