Ini adalah kesempatan luar biasa untuk bertemu dengan para pelaku industri di seluruh Indonesia, salah satu tetangga terdekat dan paling berharga bagi kami,
Jakarta (ANTARA) - Negara bagian Australia Barat (West Australia/WA) melaksanakan misi perdagangan bersejarah ke Indonesia yang dipimpin Perdana Menteri WA Roger Cook dan melibatkan 130 perwakilan penting pemerintah dan dunia usaha termasuk tiga anggota kabinet pemerintah.

"Misi dagang bersejarah ini-- misi luar negeri pertama saya sebagai perdana menteri akan memainkan perang penting dalam masa depan Australia Barat dan khususnya rencana untuk mendiversifikasi perekonomian kami," kata Cook dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Cook juga menyebutkan besarnya skala delegasi menunjukkan keseriusan WA dalam memandang hubungan kedua negara.

Fokus utama misi ini adalah hasil investasi dan perdagangan pada transisi energi, industri kreatif dan ekonomi digital serta pendidikan internasional, industri primer dan pariwisata.

"Ini adalah kesempatan luar biasa untuk bertemu dengan para pelaku industri di seluruh Indonesia, salah satu tetangga terdekat dan paling berharga bagi kami," ujar dia.
Baca juga: Lima destinasi liburan di Australia Barat untuk pelancong pemula

Misi yang disebut Indonesia Connect Roadshow ini menjadi platform untuk mempromosikan WA sebagai mitra yang diakui dan terpercaya, serta memberi peluang bisnis untuk dapat terlibat dalam perdagangan, investasi, dan pertukaran budaya.

“Indonesia adalah mitra yang diakui dan dipercaya dan oleh karena itu penting bagi kita untuk mencari cara-cara baru untuk memperdalam hubungan kita yang memberikan peluang investasi dan lapangan kerja lokal bagi warga WA," kata Cook.

Roadshow dimulai dengan menghadiri ASEAN Business dan Investment Summit yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang mempromosikan peluang kolaborasi di sektor energi.

Kolaborasi tersebut dibahas dalam Energy Roundtable yang berfokus pada pengembangan rantai pasokan industri mineral dan baterai yang bernilai tambah, tangguh, dan berkelanjutan di kedua wilayah.
Baca juga: Australia Barat siap dukung mimpi RI jadi pemain kunci pasar EV

Roundtable ini merupakan tindak lanjut rencana aksi terkait mineral penting yang ditandatangani saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sydney pada Juli. Selain Jakarta, Indonesia Connect Roadshow juga akan mengunjungi Surabaya dan Denpasar.

Hasil Roadshow ini membuat WA menerima sejumlah besar permohonan yang akan dipilih melalui proses ekspresi minat yang kompetitif, dan mencakup delegasi dari usaha kecil, menengah dan besar. Sementara untuk pertemuan B2B (business to business) yang sesuai dan relevan akan diadakan untuk semua delegasi.

Hubungan WA dengan Indonesia menjadi pendorong perekonomian utama bagi negara ini dimana WA memiliki nilai ekspor 3,8 miliar dolar Australia (Rp37,38 triliun) pada 2022 yang merupakan 30 persen dari ekspor barang Australia ke Indonesia, di atas rata-rata tahunan sebesar 2,3 miliar dolar Australia (Rp22,62 triliun) selama 10 tahun terakhir.

Selain itu Indonesia memiliki nilai perdagangan sebesar 4,6 miliar dolar Australia (Rp45,25 triliun) pada 2022 serta ekspor minyak bumi ke Indonesia meningkat 16 persen menjadi 2,1 miliar dolar Australia (Rp20,66 triliun) pada 2022.

Baca juga: Kadin-Australia Barat jajaki peluang kembangkan industri baterai EV

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023