telah mengerahkan sebanyak sembilan kendaraan mesin penyapu jalan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Selatan mempercantik sejumlah jalan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023 mendatang.

"Kami membersihkan jalan-jalan protokol agar Jakarta sebagai tuan rumah terlihat indah dan cantik," kata Kepala Sudin LH Jakarta Selatan M. Amin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Amin menuturkan telah mengerahkan sebanyak sembilan kendaraan mesin penyapu jalan (road sweeper) yang beroperasi sejak dini hari.

Pembersihan jalur protokol itu meliputi debu, kerikil, paku hingga genangan air yang dilakukan di lokasi Jalan Raya Mampang Prapatan sisi kanan dan kiri, Jalan Raya Jendral Sudirman, HI, Dukuh Atas hingga Halte CSW sisi kanan dan kiri.

"Lalu, Jalan Raya Gatot Subroto dari arah Cawang ke arah Semanggi dan sebaliknya, Jalan Raya Rasuna Said, serta Jalan Latuharhary sisi kanan dan kiri," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya pembersihan yang dilakukan membuat Jakarta tetap selalu bersih serta mampu membuktikan sinergi antara pemangku jabatan lainnya dalam kesuksesan KTT ASEAN.

Sementara, Sudin Pertamanan dan Hutan Jakarta Selatan turut menghiasi  jalan protokol menjelang berlangsungnya KTT ASEAN.

"Jalan yang dihias dan dipercantik antara lain Jalan Patung Pemuda, Jalan Sisingamaraja, Halte CSW, dan di wilayah sekitar Gedung ASEAN," tutur Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Elly Sugestianingsih.

Sejumlah hiasan itu menempatkan sejumlah umbul-umbul KTT ASEAN hingga pot dekoratif dengan berbagai jenis tanaman hias antara lain kastuba merah, kastuba putih, petunia merah, petunia putih, anggrek bulan, typha, krisan, aster merah, margriet ungu, dan peacock putih.

"Semua yang kami lakukan ini merupakan bentuk dukungan terhadap kegiatan KTT ASEAN di Jakarta," katanya.
Baca juga: MRT Jakarta tetap beroperasi selama KTT Ke-43 ASEAN
Baca juga: Polri berlakukan rekayasa lalu lintas saat KTT ke-43 ASEAN
Baca juga: Ratusan personel Dishub dikerahkan jaga kelancaran lalin Gedung ASEAN

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023