Taipei (ANTARA) - Taiwan berupaya memulihkan pasokan listrik pada Senin malam ke ribuan rumah yang terputus akibat Topan Haikui di selatan dan timur pulau itu, di mana berbagai sekolah-sekolah dan tempat bisnis ditutup.

Topan Haikui juga membuat berbagai maskapai penerbangan domestik membatalkan semua jadwal kecuali segelintir penerbangan.

Sebagai topan pertama yang langsung melanda Taiwan dalam empat tahun terakhir, Haikui mendarat pada Minggu di daerah pegunungan yang berpenduduk jarang jauh di bagian tenggara pulau tersebut, sebelum bergerak melintasi selatan.

Bencana ini mematikan aliran listrik ke hampir 260.000 rumah tangga, kata kementerian perekonomian, seraya menambahkan bahwa pihaknya bertujuan untuk memulihkan listrik ke 26.000 rumah terakhir pada Senin pukul 23.00 waktu setempat (22.00 WIB).

Kegiatan sekolah diliburkan dan para pekerja diberi hari libur untuk hari kedua di seluruh wilayah selatan, timur dan tengah, sementara Taipei, ibu kotanya, diguyur hujan lebat secara tidak menentu.

Produsen chip terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), mengatakan pabriknya di Taiwan beroperasi secara normal dan tidak terkena dampak badai.

Petugas pemadam kebakaran melaporkan 116 orang terluka akibat topan tersebut tetapi masih berusaha memastikan apakah kematian seorang pria yang ditemukan di pinggir jalan di Taitung terkait dengan topan tersebut.

Maskapai penerbangan Taiwan membatalkan 208 penerbangan domestik, dengan hanya menyisakan sedikit jadwal, sementara layanan feri ke pulau-pulau sekitarnya ditangguhkan. Penerbangan internasional, yang hanya 23 kali dibatalkan, tidak terlalu mengalami gangguan, kata Badan Penerbangan Sipil.

Kekuatan Topan Haikui jauh lebih lemah dibandingkan Saola, yang melanda Hong Kong dan provinsi Guangdong di China selatan pada Sabtu.

Pada Senin, Haikui telah memasuki Selat Taiwan menuju China, kata otoritas cuaca Taiwan, meskipun hujan lebat akan terus terjadi di seluruh pulau hingga pertengahan pekan.

Topan tersebut diperkirakan akan melanda perbatasan antara provinsi Guangdong dan Fujian di China, dekat Kota Shantou, pada Selasa pagi dan semakin melemah, kata pusat prakiraan cuaca China.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pasar tutup, penerbangan tertunda di Taiwan akibat Topan Khanun
Baca juga: China dan Taiwan bersiap hadapi dampak topan super Doksuri
Baca juga: Topan tutup tempat usaha, paksa pembatalan penerbangan di Taiwan

 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023