Ambon (ANTARA News) - Pemerintah Kota Ambon akan menggelar festival buah-buahan lokal khas Ambon pada 27 April mendatang.

"Festival buah lokal akan digelar di kawasan Pattimura Park sebagai upaya memperkenalkan tanaman lokal kepada masyarakat Ambon maupun wisatawan," kata Camat Leitimur Selatan, Richard Luhukay, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan buah lokal yang akan ditawarkan berupa gandaria, durian, rambutan, salak, manggis dan kecapi yang merupakan khas delapan desa dan negeri di Kecamatan Leitimur Selatan.

Delapan negeri atau desa di kecamatan Leitimur Selatan yakni Negeri Hutumuri, Rutong, Leahari, Hukurilla, Naku, Kilang, Ema dan Hatalai yang umumnya menghasilkan buah khas setiap tahun.

Richard mengatakan, festival buah lokal bertujuan untuk memperkenalkan buah khas Ambon serta mendorong masyarakat melakukan budidaya tanaman lokal.

"Kegiatan ini juga berupaya memberikan dorongan kepada para petani untuk terus membudidayakan buah-buahan khas Ambon agar tidak tergeser dengan kehadiran buah impor," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut juga diharapkan mendapat perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk pengembangan dan budidaya buah lokal, serta pemangunan pasar buah yang representatif.

"Lokasi penjualan buah yang layak juga menentukan kerena selama ini para penjual menjajakan hasil kebun di emperan toko dan trotoar, hal ini juga harus menjadi perhatian pemerintah daerah," ujar Richard.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013