Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Selasa, untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta.

Berdasarkan informasi Biro Pers Sekretariat Presiden yang terbit di Jakarta, Kamala tiba sekitar pukul 22.00 WIB.

Kehadiran Kamala di Bandara Soekarno-Hatta disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.

Sebelumnya, pesawat yang membawa Perdana Menteri Australia Anthony Albanese beserta delegasi mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 20.15 WIB.
 
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese beserta delegasi mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (5/9/2023), untuk menghadiri rangkaian kegiatan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta. (ANTARA/HO-Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)


Albanese disambut oleh Direktur Konsuler Kementerian Luar Negeri, Simon Djatwoko Irwantoro Soekarno. Selanjutnya, Albanese beserta delegasi langsung meninggalkan bandara untuk melanjutkan kegiatan lainnya.

Kamala dan Albanese diagendakan hadir dalam rangkaian kegiatan KTT ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (6/9).

Amerika Serikat dan Australia merupakan Mitra Wicara ASEAN sebagai negara dan organisasi internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

Ada 12 Mitra Wicara (Dialogue Partners) ASEAN, selain Amerika Serikat dan Australia, yakni India, Inggris, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, Republik Rakyat Tiongkok, dan Uni Eropa.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023