Selasa ini sudah ada satu pesawat yang landing dan sudah parkir di Bandara Kertajati adalah pesawat PM Kanada.
Majalengka, Jawa Barat (ANTARA) -
Pesawat kenegaraan yang membawa Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau berada di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dan dijadwalkan menginap (remain over night/RON) selama KTT Ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023.

Executive General Manager Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Nuril Huda Mahmudan menjelaskan pesawat kenegaraan itu tiba di Bandara Kertajati pada Selasa (5/9), pukul 14.12 WIB, yang sebelumnya telah menurunkan PM Justin Trudeau di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

"Selasa ini sudah ada satu pesawat yang landing dan sudah parkir di Bandara Kertajati adalah pesawat PM Kanada. Barusan tiba pukul 14.12 WIB," kata Nuril, di Majalengka, Jawa Barat, Selasa.

Nuril menyebutkan sesuai rencana awal pesawat berjenis Airbus 3-10 itu terparkir di Bandara Kertajati hingga tanggal 7 September 2023, untuk kemudian akan menjemput PM Kanada yang berangkat kembali ke negara asalnya pada tanggal yang sama pukul 06.50 WIB.

"Mereka balik lagi ke Jakarta untuk menjemput perdana menterinya dari Kertajati sekitar 06.50 WIB pagi tanggal 7 September. Karena mungkin sudah selesai sampai sana langsung terbang ke Kanada," ujar Nuril.

Dia melanjutkan bahwa sampai hari ini belum ada penambahan pesawat kenegaraan yang RON di Bandara Kertajati, namun pihaknya tetap melakukan konfirmasi ulang guna memastikan hal tersebut.

Mengingat dari informasi yang ia terima, direncanakan ada lima pesawat yang menginap di Bandara Kertajati, tetapi kemungkinan besar pesawat kenegaraan lainnya bakal RON di Bandara Soetta maupun bandara alternatif lainnya.

"Kemungkinan yang lainnya memang standby di Jakarta ataupun di bandara lainnya. Biasanya slotnya masih tersedia. Kemudian mereka tidak terlalu lama untuk kegiatannya. Jadi mungkin tidak sampai selesai acaranya," katanya pula.

Sebagaimana tayangan langsung kedatangan pemimpin negara yang dipantau dari Media Center KTT ke-43 ASEAN di JCC, Jakarta, pesawat yang membawa Trudeau mendarat sekitar pukul 11.41 WIB.

Trudeau lalu keluar dari pintu pesawat sekitar pukul 11.55 WIB didampingi putra sulungnya Xavier Trudeau.

Trudeau hadir di KTT Ke-43 ASEAN untuk memperkuat dukungan kepada Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific/AOIP) serta meluncurkan kemitraan strategis ASEAN-Kanada.
Baca juga: Pengelola: BIJB Kertajati siap menyambut delegasi KTT ASEAN
Baca juga: Pengelola: Rute penerbangan di Bandara Kertajati mulai bertambah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023