Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) berkomitmen memberikan pelayanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.

"Kami selalu berkomitmen untuk memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta, mulai dari informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga saat peserta menerima hak manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo, saat mengunjungi Pasar Wayhalim, Bandarlampung, Provinsi Lampung, Rabu.

Ia pun mengatakan guna menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJAMSOSTEK terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital.

"Saat ini seluruh kantor cabang BPJAMSOSTEK hadir dengan konsep ruang layanan baru yang lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas," kata dia.

Baca juga: BPJAMSOSTEK sosialisasi di Transjakarta peringati Hari Pelanggan

Baca juga: BPJAMSOSTEK Maluku hadirkan layanan ramah penyandang disabilitas


Selain itu, di sektor digital BPJAMSOSTEK telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memiliki berbagai macam fitur yang dapat diakses kapan dan di mana saja.

"Berkaitan dengan hari pelanggan nasional kami memanfaatkan momentum ini untuk mempererat hubungan dengan para peserta yang merupakan para pekerja dari seluruh jenis profesi. Dengan mengusung tema 'Kemudahan Layanan, Prioritas Kami' BPJAMSOSTEK komitmen berikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta," kata dia.

Anggoro pun mendorong agar pekerja semakin sadar akan risiko yang mungkin timbul dari pekerjaannya dengan mendaftar sebagai peserta ke BPJAMSOSTEK, karena banyak manfaat yang akan diperoleh.

“Ini adalah bukti negara hadir untuk memastikan seluruh pekerja dan keluarganya dapat bekerja dengan aman dan hidup sejahtera. Kami berharap manfaat yang diberikan BPJAMSOSTEK dapat membantu keluarga melanjutkan hidup dengan layak dan bebas cemas," kata dia.

Selain ke Pasar Wayhalim Dirut Utama BPJAMSOSTEK itu juga menyempatkan bertemu dengan para pekerja dari komunitas disabilitas bernama yang ada di Lampung, guba mendengarkan kisah dan perjalanan hidup mereka yang tetap produktif walaupun memiliki keterbatasan fisik.

"Saya mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat agar terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar kita bisa 'Kerja Keras Bebas Cemas'. Kami juga pastikan BPJAMSOSTEK selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati," Kata dia.

Salah seorang penerima manfaat BPJAMSOSTEK, Cila, mengucapkan terimakasih karena telah banyak manfaat yang dirasakannya setelah kehilangan salah seorang orang tuanya.

“Saya berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, walaupun kehilangan orang tua, tapi orang tua saya memiliki jaminan, saya dan kakak saya dapat melanjutkan sekolah, bahkan saat ini kakak saya sudah bekerja,” kata dia.*

Baca juga: Anggota DPR RI daftarkan ratusan warga Agam ke BPJamsostek

Baca juga: Kadin Bekasi gandeng BPJAMSOSTEK lindungi 1.000 pekerja rentan

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023