Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin pada hari pertamanya bertugas menyampaikan beberapa hal yang menjadi prioritas untuk segera dikerjakan.

Bahtiar di Makassar, Rabu mengungkapkan, ada delapan hal yang akan menjadi prioritasnya sebagai Penjabat Gubernur Sulsel. Pertama, memastikan pemilu legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden yang hari H pencoblosannya pada 14 Februari 2024 mendatang berjalan dengan baik.

"Bulan depan, sudah mulai tahapan pemilu. Tanggal 10 Oktober, sudah mulai pendaftaran Calon Presiden, tanggal 3 November sudah ada Daftar Caleg Tetap atau DCT," kata Bahtiar.

Ia menjelaskan, sampai saat ini dirinya juga masih merangkap sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, yang menyusun dan mengawal regulasi tentang Kepemiluan di Indonesia.

"Jadi saya harus pastikan kesiapan dari penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu dan instansi terkait lainnya yang mendukung Pemilu, harus kita pastikan semua siap. Siap dari sisi SDM-nya, siap dari sisi alat dan anggarannya," ujarnya.

Untuk memastikan semua berjalan dengan baik, Bahtiar langsung melakukan konsolidasi dengan mitra kerja, yakni DPRD Sulsel.

Sementara untuk prioritas kedua, sambungnya, adalah memastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Tahun ini harus mulai disiapkan anggarannya, karena tahapannya dimulai tahun ini.

"Kita siapkan anggarannya tahun ini berapa, tahun depan berapa," imbuhnya.

Ketiga, adalah pengendalian inflasi. Selaku Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar akan memastikan inflasi dalam kendali, dan 21 kebutuhan pokok tersedia di masyarakat.

Ini menjadi tantangan tersendiri karena di Sulsel ini kan ada wilayah kepulauan dan infrastrukturnya cukup menantang.

Menurut dia, tidak semua daerah juga sumber daya alamnya bisa menghasilkan sayur-sayuran seperti tomat, cabe, bawang, dan bahan-bahan pokok yang mempengaruhi tingkat inflasi daerah.

Indonesia sekarang tingkat pengendalian inflasinya terbaik dan Sulsel juga termasuk terbaik selama ini, bahkan Kabupaten Bulukumba nomor dua terbaik se-Indonesia. Penanganan inflasi harus dipastikan berjalan dengan baik.

Selanjutnya adalah soal stunting. Bahtiar Baharuddin menegaskan, harus dipastikan anggarannya ada dan dikerjakan serta terkelola dengan baik.

"Saya katakan kepada Pak Sekda ada aplikasi pengelolaan stunting di Indonesia, kalau bisa diduplikasi saja itu supaya kita bisa dideteksi seluruh penduduk Sulawesi Selatan yang hamil. Karena soal stunting ini berhubungan dengan penanganan di dua tahun pertama, sebaiknya menggunakan aplikasi," ujarnya.

"Termasuk soal gizi buruk jangan sampai ada di daerah kita yang busung lapar. Kita harus pastikan tidak boleh ada seperti itu karena kita Sulawesi Selatan adalah daerah yang kaya," lanjutnya.

Selain itu, penanganan kemiskinan ekstrem dan ketahanan pangan, juga menjadi prioritas Pj Gubernur Sulsel. Khususnya penanganan dampak El Nino, yang akan sangat berpengaruh pada ketahanan pangan.

"Kata BMKG, cuaca kita tidak terlalu bagus karena faktor El Nino. Apa solusinya kalau kekeringan di banyak tempat? Air itu kan cuma dua sumbernya dari bawah tanah dan dari atas. Jangan sampai kekeringan di masyarakat, apalagi untuk menanam. Kalau dari atas tentunya kita harus rekayasa alam. Kalau memang El Nino ini berkepanjangan harus dilakukan rekayasa cuaca," bebernya.

Bahtiar menambahkan, prioritas lainnya adalah soal stabilitas daerah, tentu terkait politik dan keamanan.

Baca juga: Bahtiar Baharuddin resmi jabat Penjabat Gubernur Sulsel

Baca juga: Mendagri lantik sembilan penjabat gubernur di Jakarta

Baca juga: Presiden Jokowi pastikan pemilihan penjabat gubernur transparan


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023