Pembekalan (etika dan integritas akademik) ini penting untuk kesuksesan studi di masa depan. Anda adalah bagian dari komunitas akademik yang lebih matang untuk memperoleh keilmuan yang lebih mendalam
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) membekali mahasiswa baru Program Pascasarjana Tahun Akademik 2023/2024 dengan memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa terkait pentingnya Etika dan Integritas Akademik.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris di Kampus UI Depok, Jawa Barat,  Rabu mengatakan agar mahasiswa baru menggunakan kesempatan studi ini dengan sebaik-baiknya untuk menggapai cita-cita, memperluas wawasan, dan memperoleh prestasi dalam membangun karier.

"Pembekalan (etika dan integritas akademik) ini penting untuk kesuksesan studi di masa depan. Anda adalah bagian dari komunitas akademik yang lebih matang untuk memperoleh keilmuan yang lebih mendalam," katanya.

Ia mengatakan pembekalan untuk mahasiswa mencakup lima poin penting yang berkaitan dengan pengisian data mahasiswa, etika dan integritas akademik, kebijakan riset, fasilitas penunjang akademik, serta pendukung literasi dan perpustakaan.

Mahasiswa juga diimbau untuk memastikan bahwa data yang dituliskan di laman Sistem Informasi Akademik NextGeneration UI (SIAKNG) valid dan akurat. Beberapa yang terpenting adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nama yang sesuai dengan KTP dan ijazah.

Mahasiswa juga harus memperhatikan tahapan registrasi, status akademik, evaluasi hasil belajar, dan ketentuan kelulusan. Apabila mahasiswa baru bermaksud melakukan transfer kredit, hal itu hanya bisa dilakukan pada semester pertama dengan bobot maksimum 50 persen dari beban SKS yang sedang ditempuh.

Selain memperhatikan ketepatan data, mahasiswa diarahkan untuk memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan. Setiap mahasiswa dibekali akun single-sign-on (SSO) untuk mengakses berbagai layanan di UI, demikian Abdul Haris.

Baca juga: Kemendikbud tunjuk UI sebagai PTN zona integritas

Baca juga: UI perkuat implementasi reformasi birokrasi

Baca juga: UI Buka Pendaftaran 105 Program Studi Pascasarjana

Baca juga: UI Buka Program Pasca Sarjana Herbal

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023