counter

Kesehatan reproduksi memotivasi Okky Asokawati "nyaleg"

Kesehatan reproduksi memotivasi Okky Asokawati "nyaleg"

Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati. (FOTO ANTARA/Ujang Zaelani)

Dalam hal kesehatan reproduksi perempuan, masih banyak yang salah kaprah, saya akan fokus soal itu,"
Jakarta (ANTARA News) - Membenahi pola pikir terkait kesehatan reproduksi perempuan merupakan motivasi Okky Asokawati untuk kembali maju sebagai bakal calon anggota legislatif.

"Dalam hal kesehatan reproduksi perempuan, masih banyak yang salah kaprah, saya akan fokus soal itu," ujar bakal caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II dengan nomor urut satu itu di Jakarta, Jumat.

Anggota Komisi IX DPR RI itu mengatakan menurut World Health Organization (WHO) kesehatan reproduksi perempuan bukan hanya sehat fisik, namun juga meliputi sehat mental, jasmani dan rohani.

"Katakanlah rahim milik siapa, apakah milik negara yang menentukan kesejahteraan sosial anak-anak, apakah milik suami, yang bila rahim sudah melahirkan banyak anak, namun masih harus hamil lagi, ini harus diperjelas," kata Okky.

Okky mengemukakan pada dasarnya dia menginginkan perempuan dapat lebih banyak terlibat di politik, karena sebenarnya setiap hari perempuan melakukan kegiatan politik.

"Saya memang punya keinginan agar semakin banyak perempuan yang berani berpolitik, karena dengan mereka naik angkutan, mengatur keuangan dan kegiatan ibu rumah tangga lainnya, itu merupakan kegiatan politik juga," kata Okky.

Okky mengaku sebagai caleg kini ia jauh lebih siap dibanding pada 2009, karena telah lebih mengetahui bagaimana sistem kerja di parlemen.

Okky pun mengaku mempersiapkan dana 10 persen lebih besar dibandingkan dana yang dihabiskannya pada Pemilu 2009, yaitu Rp300 juta. Namun dia mengaku tidak akan menghabiskan dana lebih dari Rp330 juta untuk meraih kursi parlemen.(*)

Antonius Yogo, mantan satpam jadi anggota DPRD

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar