Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat meraih "Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Award 2023" karena telah menerapkan digitalisasi pada pengelolaan administrasi kepegawaian.

Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Kamis, mengatakan Pemkab Manokwari meraih BKN Award kategori implementasi penerapan manajemen kinerja.

“Dengan penghargaan ini kita terus meningkatkan kinerja kita yang terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Manokwari,” katanya.

Hermus mengatakan, salah satu aspek penilaian BKN Award adalah Pemkab Manokwari telah menerapkan digitalisasi administrasi kepegawaian daerah sehingga mampu meningkatkan produktifitas kerja ASN.

Dengan pengelolaan administrasi berbasis digital maka Pemkab Manokwari mampu menyediakan produk yang efektif sehingga mempercepat pelayanan tidak hanya pada masyarakat tapi pelayanan administrasi secara internal di pemerintahan.

“Dengan proses digital, saya bisa menandatangani begitu banyak SK dalam waktu sangat singkat. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa. Kita buktikan Manokwari adalah pemerintah daerah yang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan zaman,” ujarnya.

Secara bertahap, kata Hermus, seluruh pengelolaan administrasi pemerintahan akan dirubah dari manual menuju ke digital.

Diharapkan semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) bisa berlomba untuk melakukan inovasi pelayanan digital di instansi masing-masing. Tujuan akhir adalah memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sehingga tercipta kesejahteraan.

“Saya berharap semua dapat berlomba tentang hal-hal yang positif dan juga baik di lingkungan kerja prestasi kita masing-masing. Kita semua berjuang agar seluruh pengelolaan administrasi dilakukan secara digital,” terangnya.

Hermus menjelaskan, ketika kinerja ASN semakin efektif maka produktifitas kerja akan meningkat. Dengan digitalisasi produk layanan, efisiensi tidak hanya waktu dan tenaga saja tapi juga biaya akan lebih hemat.

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023