Abang None Jakarta bisa memberikan kontribusi dan dedikasi nyata
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melibatkan Abang None Jakarta 2023  terpilih ke dalam rangkaian acara untuk mempromosikan Kota Jakarta, terutama terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
"Abang None Jakarta bisa memberikan kontribusi dan dedikasi nyata untuk meningkatkan reputasi Kota Jakarta sebagai kota global," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata di Jakarta, Kamis.
 
Nantinya, pemenang Abang None Jakarta 2023 dan juga finalis lainnya diberi tugas selama satu tahun ke depan. Mereka  didorong untuk berpartisipasi aktif mempromosikan Indonesia, khususnya Jakarta, dalam potensi pariwisata, ekonomi kreatif, dan kebudayaan, serta meningkatkan reputasi Jakarta sebagai kota global.
 
Andhika menyebut Jakarta kini sedang mempersiapkan diri sebagai pusat bisnis dan kota global, serta menyukseskan perpindahan Ibu Kota Negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Sejalan dengan hal tersebut, promosi atas potensi kota ini perlu terus dilakukan, termasuk pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Adapun salah satu langkah mempromosikan sektor tersebut dengan menghadirkan Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni Abang None Jakarta.
 
Rangkaian pemilihan Abang None Jakarta 2023 tengah berlangsung. Lebih lanjut, Andhika memaparkan rangkaian pemilihan Abang None Jakarta 2023, yakni dimulai dari pendaftaran calon finalis Abang None Jakarta 2023 Tingkat Kota/Kabupaten Administrasi, berlanjut seleksi administrasi, dan kemudian seleksi tatap muka.
 
Finalis yang lolos seluruh tahapan seleksi tersebut diberi pembekalan selama sekitar sebulan. Kemudian, ditentukan pemenang Abang None Jakarta 2023 Tingkat Kota/Kabupaten Administrasi sebanyak tiga pasang dari setiap wilayah.
 
Selanjutnya, mereka mengikuti pemilihan Abang None Jakarta 2023 Tingkat Provinsi, dengan total 18 pasang finalis. Di tingkat Provinsi, para finalis Abang None Jakarta 2023 kembali dibekali dengan berbagai materi.
 
Terdapat sembilan juri yang memberikan pembekalan dan penilaian bagi para finalis. Kesembilan juri tersebut yakni Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati pada bidang Pemerintahan dan Pengetahuan Umum, Poppy Dharsono di bidang Tata Busana, Rose Mini A. Salim di bidang Psikologi.
 
Lalu Faizal Cherry Shidarta di bidang Hubungan Internasional, H. Beky Mardani di bidang Kebudayaan Betawi, Fifi Aleyda Yahya di bidang Public Speaking dan Bahasa Asing, Ayu Dyah Pasha di bidang Etiket dan Kepribadian, Frans Teguh di bidang Kepariwisataan, dan Josua Simanjuntak di bidang Ekonomi Kreatif.
 
Seluruh rangkaian tersebut akan ditutup dengan Malam Final Pemilihan Abang None Jakarta 2023 yang digelar hari ini di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Turut dimeriahkan penampilan Obbie N Friends, Yovie & Nuno, dan Yura Yunita.
 
Nantinya, pemenang Abang None Jakarta 2023 dan juga finalis lainnya akan menjalankan tugas selama satu tahun ke depan. Mereka akan didorong untuk berpartisipasi aktif mempromosikan Indonesia, khususnya Jakarta, dalam potensi pariwisata, ekonomi kreatif, dan kebudayaan, serta meningkatkan reputasi Jakarta sebagai kota global.

Pemilihan Abang None Jakarta merupakan ajang pemilihan Duta Daerah tertua di Indonesia di mana tahun ini memasuki angkatan ke-51.
Baca juga: Abang & None Jaksel siap bersaing di malam final Abnon DKI 2023
Baca juga: Mal digaet unjuk kebolehan finalis Abang-None Jakarta 2023
Baca juga: Pemkot Jakbar buka pendaftaran Abang None 2023

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023