Jakarta (ANTARA) -
Menggunakan produk perawatan kulit memang baik untuk menjaga kesehatan dan kecerahan kulit, namun, pengguna juga harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk yang biasanya tertera di kemasan.
 
Tanggal kedaluwarsa menandakan potensi dimulainya penurunan kualitas dan khasiat suatu produk.
 
Disiarkan laman Hindustan Times, Kamis (7/9), ahli kosmetologi dan kulit Dr. Jatin Mittal mengatakan pengguna kosmetik perlu memperhatikan aroma, warna, dan konsistensi suatu produk jika tidak yakin kapan produk akan kedaluwarsa. Pengguna disarankan untuk menghindari penggunaan suatu produk jika mendeteksi bau aneh atau perubahan pada tampilannya dan memakai produk yang baru.

Baca juga: Cara mengetahui produk "makeup" yang kedaluwarsa
 
Sebelum produk melewati masa tanggal kedaluwarsa, sebuah produk mungkin sudah rusak jika terlihat perubahan kualitas produk atau bau yang aneh.
 
Secara umum produk seperti sabun cuci muka dan tabir surya, bisa bertahan 1-2 tahun. Sementara pelembab bisa bertahan hingga tiga tahun.
 
Perawatan kulit seperti toner, serum dan exfoliator, dikatakan Mittal, memiliki ketahanan kualitas yang relatif lebih singkat yakni 6 bulan hingga 1 tahun setelah dibuka dan terkena udara. Produk perawatan kulit yang jangka waktunya lebih singkat lagi seperti retinol, serum vitamin C dan benzoil peroksida hanya bisa bertahan selama 3 bulan setelah produk dibuka.
 
Bagi pengguna yang rajin menggunakan produk setelah dibuka, Mittal menyoroti beberapa praktik utama yang perlu diingat.
 
1. Jaga kebersihan
 
Selalu cuci tangan sebelum menggunakan produk perawatan kulit apa pun untuk mencegah kontaminasi.
 
2. Penyimpanan produk
 
Simpan produk di tempat yang bersih dan kering, jauh dari sinar matahari langsung atau panas, dan suhu ekstrem, dan tutup rapat setelah digunakan untuk menjaga kualitasnya.

Baca juga: Amankah produk kosmetik masih digunakan setelah kedaluwarsa?
 
3. Aduk rata
 
Kocok atau aduk perlahan produk sebelum digunakan untuk memastikan konsistensi seragam.
 
4. Ikuti petunjuk
 
Setiap produk memiliki petunjuk penggunaan khusus dan jumlah yang disarankan. Ikuti petunjuk ini untuk hasil optimal. Mengikuti frekuensi dan kuantitas pengaplikasian yang disarankan akan mencegah penggunaan berlebihan dan membantu produk bertahan lebih lama.
 
5. Waspadai reaksi alergi
 
Jika mengalami gatal, kemerahan, atau reaksi merugikan lainnya saat menggunakan suatu produk, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan ahli kulit.

Baca juga: Sering salah, begini cara hitung masa kedaluwarsa produk kecantikan

Baca juga: Ini yang bisa terjadi kalau pakai tabir surya kedaluwarsa

Baca juga: Rekosistem bantu kelola limbah kosmetik kedaluwarsa

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023